Membahayakan, Polisi Imbau Pemudik tak Gunakan Sepeda Motor

Rep: Ali Mansur/ Red: Friska Yolandha

Senin 10 Apr 2023 16:35 WIB

Metro Jaya mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi untuk mudik ke kampung halaman. Foto: Dok Kemenhub Metro Jaya mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi untuk mudik ke kampung halaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor, sebagai moda transportasi untuk mudik ke kampung halaman. Mengingat, sepeda motor tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh.

Masyarakat diminta untuk memanfaatkan program mudik gratis atau menggunakan transportasi umum, seperti kereta, bus, dan lainnya. “Saya betul-betul mengimbau sepeda motor tidak digunakan untuk mudik, karena motor bukan untuk perjalanan jarak jauh. Jadi yang menggunakan motor diharapkan larinya kemudik gratis dan tetap menggunakan terminal bis tentunya yang sudah biasa menggunakan bus,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, kepada awak media, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Karena itu, Kombes Latif Usman mengatakan, pihaknya akan terus melakukan edukasi kepada pemudik terkait pentingnya keselamatan dalam perjalanan. Namun, pihaknya tetap melakukan penjagaan rute mudik yang dilalui pengguna sepeda motor. Khususnya, memang di jalur alteri, seperti jalur Kalimalang sampai dengan perbatasan Bekasi dan juga rute di bagian barat ke arah Serang, Banten.

“Dua target ini yang akan menjadi sasaran kami khususnya jalur alternatif jalur sepeda motor,” kata Kombes Latif Usman.