Selasa 11 Apr 2023 09:40 WIB

Benarkah Robot Pelayan Menguasai Restoran Masa Depan?

Robot pelayan meringankan beban kerja manusia dan membuat layanan efektif.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perkembangan teknologi robot dalam beberapa dekade terakhir alami kemajuan pesat termasuk penggunaan robot di restoran/ilustrasi.
Foto: VOA
Perkembangan teknologi robot dalam beberapa dekade terakhir alami kemajuan pesat termasuk penggunaan robot di restoran/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADISON HEIGHTS — Anda mungkin pernah melihat mesin setinggi pinggang yang dapat menyambut tamu, mengarahkan ke meja, mengantarkan makanan dan minuman, serta mengangkut piring kotor ke dapur di sebuah restoran. Beberapa memiliki wajah seperti kucing, bahkan mendengkur saat Anda menggaruk kepalanya.

Namun, apakah pelayan robot adalah masa depan? Ini adalah pertanyaan yang coba dijawab oleh industri restoran. Banyak yang mengira robot pelayan adalah solusi kekurangan tenaga kerja industri. Apalagi penjualan robot pelayan berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

“Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa inilah tujuan dunia,” kata dekan Hilton College of Global Hospitality Leadership di University of Houston, Dennis Reynolds dilansir Japan Today, Selasa (11/4/2023).

Reynolds mengatakan robot pelayan meringankan beban kerja staf manusia dan membuat layanan menjadi lebih efisien. Namun, yang lainnya menilai pelayan robot tidak dapat menggantikan manusia. Robot pelayan tidak dapat beradaptasi dengan apa yang manusia lakukan, seperti menerima pesanan, banyak restoran memiliki tangga, teras luar ruangan, dan tantangan fisik lainnya.