IBUWARUNG -- Tokopedia mencatat Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori produk yang paling populer selama seminggu pertama Ramadhan 2023 (periode data: 23-29 Maret 2023). Tokopedia mencatat ada peningkatan penjualan takjil sebesar tiga kali lipat selama seminggu awal Ramadan dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023 di Tokopedia.
"Pada bulan puasa, berburu takjil menjadi kegiatan yang sering dilakukan masyarakat,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, dalam siaran pers yang diterima pada Selasa (11/4/2023).
Berbagai jenis takjil mengalami peningkatan transaksi yang signifikan melalui Tokopedia selama seminggu awal Ramadhan 2023. Transaksi kelapa muda naik hampir dua kali lipat dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023.
"Kelapa muda cenderung dicari banyak orang karena bisa membantu mencukupi kebutuhan elektrolit harian terutama selama berpuasa,” jelas Nuraini.
Es cincau, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan lambung juga mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia lebih dari dua kali lipat di minggu pertama Ramadhan. “Transaksi es pisang ijo, kudapan manis khas Makassar yang terbuat dari pisang dibungkus lapisan tepung hijau, pun melonjak lebih dari dua kali lipat,” kata Nuraini.
Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa, seperti kolak pisang dan kurma, meningkat masing-masing sekitar 3,5 kali lipat. Sedangkan penjualan kolang kaling–yang biasanya menjadi campuran takjil–melonjak hampir 4 kali lipat.
Baca juga, Gandeng Bank Mayapada, Zurich Perkenalkan Model Penjualan Referral Digital Direct
Kini, sudah ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, yang hampir 100 persen pelaku UMKM. Belasan juta pelaku usaha ini menjual berbagai kategori produk termasuk makanan dan minuman.
“Di bulan puasa, Tokopedia membantu para penjual makanan dan minuman, termasuk takjil, untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempermudah masyarakat menemukan beragam pilihan takjil lewat berbagi upaya. Salah satunya lewat kampanye Tokopedia NYAM!” kata Nuraini.
Lewat Tokopedia NYAM!, penjual makanan dan minuman bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Para pembeli di sisi lain dapat menikmati cashback, flash sale dan penawaran lain agar belanja produk makanan dan minuman makin hemat.
“Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kampanye Tokopedia NYAM! di seminggu pertama Ramadan 2023 meningkat drastis. Jumlah penjual di Tokopedia NYAM! melonjak hampir 12 kali lipat dibandingkan periode yang sama di Ramadan tahun lalu. Jumlah pembeli yang berbelanja lewat Tokopedia NYAM! juga meningkat lebih dari 13 kali lipat,” jelas Nuraini.
Deliki, salah satu UMKM makanan tanpa MSG, pengawet dan pewarna di Tokopedia NYAM!, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat selama seminggu awal bulan puasa dibandingkan periode yang sama di Ramadhan tahun lalu. “Selain kampanye Tokopedia NYAM!, kami juga terus mengedepankan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Lewat Hyperlocal, UMKM makanan dan minuman di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar, sedangkan pembeli bisa mendapatkan banyak pilihan makanan dan minuman, termasuk takjil, dengan lebih cepat dan efisien,” jelas Nuraini.
Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, Tokopedia mencatat beberapa daerah seperti Cimahi (Jawa Barat), Bantul (DI Yogyakarta), Badung (Bali), Denpasar (Bali) serta Makassar (Sulawesi Selatan) mengalami peningkatan jumlah penjual takjil paling tinggi selama seminggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan jumlah penjual di 2023, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.
Sedangkan Lampung Tengah (Lampung), Purwakarta (Jawa Barat), Tegal (Jawa Tengah), Batu (Jawa Timur) dan Gianyar (Bali) merupakan beberapa daerah dengan peningkatan jumlah pembeli takjil paling tinggi selama seminggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan jumlah pembeli di 2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2 kali lipat.