Selasa 11 Apr 2023 13:09 WIB

Video Jamaah Umrah Gendong Sang Ibu Saat Tawaf Viral di Media Sosial

Umrah Ramadhan menjadi pilihan banyak pecinta Tanah Suci.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ribuan Muslim melakukan tawaf yang menjadi rangkaian ibadah umrah.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ribuan Muslim melakukan tawaf yang menjadi rangkaian ibadah umrah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Video seorang jamaah yang menggendong ibunya di pundaknya saat menunaikan umrah langsung viral di media sosial. Banyak pengguna media sosial memuji tindakan ini dan mendoakan keduanya.

Tindakan peziarah itu, dalam melakukan tugas mulia merawat ibu dengan sebaik-baiknya, dipuji oleh banyak pengguna media sosial. Ia juga disebut telah memenuhi semua arti dari Sabda Nabi Muhammad SAW, bahwa Surga ada di bawah telapak kaki ibu di bulan suci Ramadhan.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (11/4/2023), beredar cuplikan video yang menunjukkan adegan spontan dari rasa hormat dan perhatian yang tulus seorang jamaah umrah kepada sang ibu. Dalam video itu terlihat ia menggendong ibunya di pundak, di sekitar Ka'bah Suci pada Jumat (7/4/2023) malam.

Masih di video tersebut, jamaah umrah wanita yang sudah lanjut usia (lansia) itu pun terlihat diliputi kegembiraan dan mengartikulasikannya dengan mencium kepala putra kesayangannya, saat melakukan umrah duduk di pundaknya.

Dalam kolom komentar, banyak pengguna media sosial menghujani pujian dan kekaguman bagi jamaah umrah itu. Ia disebut menemukan realisasi diri dan kebahagiaan dalam menunaikan kewajibannya yang mulia saat menaati perintah Tuhan Yang Maha Esa, dengan memberikan layanan yang berdedikasi dan tanpa pamrih kepada ibunya.

Mereka juga menyebut tindakan ini adalah bagian dari mengembalikan kebaikan dan rasa hormat kepada ibu, sebagai hadiah atas apa yang dia lakukan dalam merawatnya sepanjang masa kanak-kanak dan remaja setelah melahirkannya.

Ibadah umrah di bulan Ramadhan disebut-sebut menjadi musim puncak dari bulan-bulan lainnya. Menurut data yang ada, jumlah jamaah mencapai 1.048.600 dalam satu hari pada Ahad (9/4/2023) kemarin.

Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci pun telah berupaya menyediakan banyak layanan bagi para pelaku umrah dan pengunjung Masjidil Haram. Termasuk di dalamnya adalah mendistribusikan 59.520 botol air Zamzam, serta 10.700 booklet dan pamflet. Saudi juga memberikan kesadaran digital kepada 115.000 individu, kesadaran lapangan kepada 170.000 penerima manfaat dan layanan sukarela kepada 240.896 orang.

Sebanyak 6.188 orang mendapatkan manfaat dari pameran Ramadhan yang diadakan di Masjidil Haram dan 2.471 orang terbantu untuk melakukan Tawaf. 2.632 gelang diberikan kepada pengunjung yang lebih muda.

Untuk memastikan kondisi higienis masjid, 130.000 liter disinfektan, 32.450 liter pembersih karpet dan 33.425 liter cairan sterilisasi permukaan telah digunakan. Sebanyak 5.825 liter digunakan oleh robot untuk sterilisasi. Selain itu, juga diberikan 5.975 liter hand sanitizer dan 5.765 liter bio-care sterilizer.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement