Rabu 12 Apr 2023 23:49 WIB

Menahan Pipis Sebabkan Infeksi Saluran Kemih Hingga Penurunan Fungsi Ginjal

Meski tak mengancam jiwa, infeksi saliran kemih sangat memengaruhi kualitas hidup.

Red: Qommarria Rostanti
Selang saluran air udi toilet. (ilustrasi). Menahan buang air kecil mendatangkan beragam risiko kesehatan mulai dari infeksi saluran kemih hingga penurunan fungsi ginjal.
Foto: www.freepik.com.
Selang saluran air udi toilet. (ilustrasi). Menahan buang air kecil mendatangkan beragam risiko kesehatan mulai dari infeksi saluran kemih hingga penurunan fungsi ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr Harrina E Rahardjo mengatakan, kebutuhan cairan tubuh yang cukup dapat membantu pencegahan infeksi saluran kemih. Anda juga perlu mengurangi minuman yang mengandung kafein, teh, minuman kemasan, dan soda.

"Minum dengan jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak juga berlebihan dengan jenis minuman yang tepat," kata Harrina dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga

Dokter spesialis urologi itu menyebut, menahan buang air kecil dapat menyebabkan risiko infeksi saluran kemih, nyeri pada kandung kemih, atau batu saluran kemih, penurunan fungsi ginjal, yang bisa berujung pada berbagai penyakit hingga komplikasi masalah kesehatan kepada wanita. Meski tidak mengancam jiwa, tetapi infeksi saliran kemih sangat memengaruhi kualitas hidup seseorang, seperti aspek pekerjaan, sosial, seksual, hingga kualitas tidur.

"Sebanyak 30 persen wanita pernah mengalami setidaknya sekali infeksi saluran kemih, dan secara global kasus infeksi saluran kemih hampir sebanyak 150 juta per tahun," katanya.

Selain minuman, makanan yang dikonsumsi juga perlu dijaga. Profesor yang pernah meraih penghargaan dalam ajang European Association of Urology Annual Meeting" di Barcelona ini menyarankan untuk menghindari makanan yang terlalu pedas atau asam karena bisa memicu beser.

"Hindari sering menahan kencing, menjaga kebersihan saluran kemih, dan segera berkonsultasi ke dokter apabila dijumpai gejala-gejala infeksi," kata dia.

Adapun beberapa gejala yang sering muncul pada penderita infeksi ini adalah sering buang air kecil (BAK) di siang dan/atau malam hari, sulit menahan BAK, mengompol, BAK sulit, aliran kencing terputus-putus, serta BAK mengedan dan tidak tuntas setelah BAK. Beberapa penyebab infeksi saluran kemih dihubungkan dengan proses penuaan, genetik, menopause, stres psikologis, peradangan saluran cerna, kondisi mikrobiota dalam saluran kemih, serta sumbatan saluran kemih bagian bawah seperti prolaps organ panggul pada perempuan. Selain itu, kelainan saraf seperti stroke, penyakit Parkinson, dan kelainan tulang belakang juga bisa menjadi pemicu penyakit tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement