Jumat 14 Apr 2023 20:15 WIB

Fakta-Fakta Seputar Kecelakaan Maut Tol Semarang-Solo

Setidaknya delapan orang dilaporkan meninggal dalam insiden kecelakaan itu.

Rep: co2/ Red: Teguh Firmansyah
Warga melihat kondisi truk yang mengalami kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Solo KM 487, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). Berdasarkan data sementara Polda Jawa Tengah, kecelakaan yang melibatkan delapan kendaraan tersebut mengakibatkan enam orang meninggal dunia.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Warga melihat kondisi truk yang mengalami kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Solo KM 487, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). Berdasarkan data sementara Polda Jawa Tengah, kecelakaan yang melibatkan delapan kendaraan tersebut mengakibatkan enam orang meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Tragedi kecelakaan beruntun di tol Semarang-Solo, tol Semarang-Solo KM 487+600, Boyolali, Jawa tengah menelan 8 korban jiwa. Sebanyak enam di antaranya dikabarkan berasal dari Nganjuk, Jawa Timur. 

Kkecelakaan tersebut berlangsung sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Sampai saat ini, pihak kepolisian pun membeberkan bahwa ada tiga dugaan sementara yang menyebabkan kecelakaan beruntun tersebut.  Berikut fakta seputar kecelakaan beruntun di tol Boyolali.

Baca Juga

Daerah Rawan

1. Kecelakaan di ruas tol Semarang-Solo KM 487+699, Boyolali terjadi lima kali pada tahun 2022 kemarin saat waktu menjelang mudik lebaran. Kecelakaan tersebut berlangsung di lokasi tak jauh di titik tersebut.

"Tahun lalu lima (kecelakaan), di lokasi yang berdekatan sesuai dengan data itu sejak ada tol ya sering terjadi laka lantas. Tahun kemarin 2022 pada saat periode yang sama, menjelang mudik," kata Kapolres Boyolali, Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi, Jumat (14/4/2023). 

Sementara itu, di kecelakaan kali ini ada delapan korban meninggal. Sebanyak 6 di antaranya meninggal di tempat dan 2 sisanya ketika menjalani perawatan di rumah sakit.  "Korban 8 orang meninggal dunia, ada dua orang yang ketika kita bawa meninggal di rumah sakit, dari enam orang awalnya jadi delapan," kata Petrus. 

2. Titik lelah

Petrus mengungkap bahwa titik tol tersebut menjadi titik lelah pengemudi. Sehingga memang laka lantas sering terjadi. 

"Di sini titik lelahnya para pengemudi, kemudian (sopir) sudah lelah kemudian kendaraan tidak siap mungkin kendaran sudah tua, tidak siap fisik kendaraan. Nah itu menyebabkan banyaknya faktor-faktor laka lantas," kata Petrus.

Di sisi lain, hingga kini pihak kepolisian masih menduga bahwa kecelakaan tersebut diakibatkan beberapa hal. Di antaranya faktor muatan, rem blong hingga pengemudi mengantuk. 

"Dugaan sementara pengemudi truk pengangkut besi diduga pertama mengantuk, dugaan kedua rem blong, ketiga adanya kelebihan muatan sehingga terjadi pengereman tidak maksimal," kata Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M Herdi Pratama.

 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَذَكِّرْ بِهٖٓ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْۖ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيٌّ وَّلَا شَفِيْعٌ ۚوَاِنْ تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ ࣖ
Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu.

(QS. Al-An'am ayat 70)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement