REPUBLIKA.CO.ID,NEW DELHI- Penjualan mobil baru di India pada tahun fiskal 2022 yang berakhir Maret melonjak 28,2 persen dari tahun lalu menjadi 4,85 juta unit. Angka penjualan itu melampaui penjualan tahunan di pasar Jepang.
Angka tersebut melampaui 4,39 juta kendaraan baru yang terjual di Jepang, karena pasar negara berkembang terus berkembang didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan peningkatan populasi.
Data tersebut muncul setelah India menjadi pasar mobil terbesar ketiga di dunia setelah China dan Amerika Serikat pada 2022, menyalip Jepang dalam penjualan mobil baru berdasarkan kalender untuk pertama kalinya.
Menurut Society of Indian Automobile Manufacturers dari 4,85 juta unit yang terjual pada tahun fiskal 2022, mobil penumpang menyumbang rekor 3,89 juta, naik 26,7 persen dari tahun sebelumnya. Penjualan kendaraan komersial mencapai 962.468 unit, naik 34,3 persen. Penjualan didorong karena penurunan infeksi virus korona mengangkat konsumsi masyarakat ke tingkat pra-pandemi.
Berdasarkan merek mobil penumpang, pembuat mobil terkemuka negara itu, Maruti Suzuki India Ltd., anak perusahaan pembuat mobil Jepang Suzuki Motor Corp., menjual 1,61 juta mobil atau 40 persen dari total penjualan di India. Hyundai Motor Co Korea Selatan berada di urutan kedua dengan 567.546 unit, diikuti Tata Motors Ltd India dengan 544.391 mobil.
Di antara pabrikan Jepang lainnya, Toyota Motor Corp menjual 173.245 unit, sementara Honda Motor Co. dan Nissan Motor Co. masing-masing menjual 91.418 dan 33.611 mobil.