Ahad 16 Apr 2023 18:07 WIB

Sempat Merosot Usai Piala Dunia U-20 Batal, Elektabiltas Ganjar Menguat Lagi Menurut SMRC

Elektabilitas Ganjar dan Prabowo hanya berselisih 0,2 persen.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Elektabilitas Ganjar sempat merosot seusai polemik penolakan timnas Israel di Piala Dunia U-20. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Elektabilitas Ganjar sempat merosot seusai polemik penolakan timnas Israel di Piala Dunia U-20. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dukungan publik pada Ganjar Pranowo dalam pemilihan presiden (Pilpres) kembali menguat setelah sempat mengalami kemerosotan pascapembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Dalam survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis Sabtu (15/4/2023), simulasi top of mind, Ganjar mendapatkan dukungan 16,5 persen, sangat dekat dengan perolehan suara Prabowo Subianto, 16,3 persen.

"Ada peningkatan suara Ganjar dari 13 persen di minggu pertama April 2023 menjadi 16,5 persen di minggu kedua April 2023. Sementara Prabowo mengalami pelemahan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani dikutip dari siaran persnya, Ahad (16/4/2023).

Baca Juga

Urutan simulasi top of mind selanjutnya ditempati Anies Baswedan 9,8 persen; Joko Widodo 9,2 persen; Ridwan Kamil 1,6 persen; dan nama-nama lain di bawah 1 persen. Dalam format ini, masih ada 42,2 persen yang belum menjawab. Deni menyebut untuk suara Anies relatif stagnan bergerak dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen.

Kemudian, dalam format semi terbuka dengan daftar 30 nama dengan kesempatan bagi responden untuk menyebut nama lain di luar daftar tersebut, dukungan pada Ganjar semakin besar menjadi 24,3 persen; Prabowo 22,5 persen; Anies 15 persen; Ridwan Kamil 6,8 persen; Erick Thohir 2,8 persen; Mahfud MD 2,8 persen; Sandiaga Uno 2,3 persen; dan nama-nama lain di bawah 2 persen. Masih ada 14,6 persen yang belum menjawab.

Sementara dalam simulasi enam nama, Ganjar tetap memimpin dengan perolehan suara 26,8 persen; disusul Prabowo 25,4 persen; Anies 16,7 persen; Ridwan Kamil 13,8 persen; Mahfud MD 4,1 persen; dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen. Dalam simulasi enam nama ini, masih ada 11,1 persen pemilih yang belum menjawab.

"Secara keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih,” kata Deni.

Survei SMRC dilakukan pada rentang 11-14 April kepada 1216 responden dengan metode telepon secara acak. Margin of error survei diperkirakan ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.

(QS. Al-Baqarah ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement