Selasa 18 Apr 2023 06:44 WIB

Remaja Kecanduan Vape, Ini yang Bisa Dilakukan Orang Tua Agar Anaknya Berhenti

Menegur anak tentang bahaya vape kemungkinan besar tidak akan berhasil.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Vape (ilustrasi). Orang tua dapat membantu anaknya yang kecanduan vape.
Foto: www.freepik.com
Vape (ilustrasi). Orang tua dapat membantu anaknya yang kecanduan vape.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Remaja yang awalnya coba-coba menggunakan rokok elektrik atau vape karena penasaran terkadang berubah menjadi ketagihan. Sementara, ada sejumlah remaja yang sebenarnya ingin berhenti tetapi tidak yakin bagaimana caranya.

Profesor madya Michelle Jongenelis dari Melbourne Centre for Behaviour Change, University of Melbourne, Australia, membagikan beberapa tips praktis yang bisa dilakukan orang tua. Ayah dan ibu dapat mempraktikkannya untuk membantu remaja berhenti memakai vape.

Baca Juga

"Jika Anda adalah orang tua dari seorang remaja yang belum siap untuk mencoba berhenti (merokok elektrik), Anda perlu berusaha meningkatkan motivasi mereka untuk berhenti terlebih dahulu," kata Jongenelis, dikutip dari laman The Conversation, Selasa (18/4/2023).

Dia mengingatkan, menegur anak atau menasihati soal bahaya yang mengintai dari rokok elektrik kemungkinan besar tidak akan berhasil. Begitu juga melontarkan kritik dan menceramahi remaja. Tugas orang tua adalah meningkatkan motivasi remaja untuk berhenti.

Tanpa menghakimi, bicarakan dengan anak remaja tentang kebiasaan mereka mengisap rokok elektrik. Apabila remaja memang sudah punya kesadaran ingin berhenti namun bingung memulainya, itu pertanda bagus. Tanyakan alasan dia ingin berhenti dan itu bisa digunakan sebagai motivasi.

Berikutnya, diskusikan hambatan yang mungkin menghalangi remaja berhenti mengisap rokok elektrik. Orang tua perlu tahu hal yang dikhawatirkan remaja jika mereka mencoba untuk berhenti. Apakah remaja menggunakan vape untuk bersantai dan khawatir akan menjadi lebih cemas, atau apakah mereka khawatir kehilangan teman?

Setelah mengetahui alasannya, beri tahu manfaat yang bisa dirasakan remaja jika mereka berhenti. Misalnya, jika remaja memakai vape untuk merasa lebih rileks, orang tua bisa membantu menemukan cara lain untuk mengurangi stres.

Menyoroti nilai-nilai yang dianut remaja dan menggunakannya untuk menunjukkan bahwa vape tidak selaras dengan itu juga bisa membantu. Sebagai contoh, jika remaja pernah bolos kelas demi mengisap vape. Padahal, biasanya dia adalah siswa yang rajin.

Diskusikan perbedaan ini dan kemungkinan dampak jangka panjang dari ketergantungan pada vape. Setelah remaja termotivasi, saatnya menetapkan tujuan untuk berhenti. Kembangkan tujuan yang spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan, dan dengan jangka waktu tertentu.

Umpamanya, tujuan jangka pendek seperti membatasi hanya boleh mengisap vape tiga hari dalam sepekan. Setelah tercapai, tujuan tersebut dapat terus ditingkatkan secara bertahap, sampai remaja berhasil berhenti sepenuhnya dari kebiasaan mengisap rokok elektrik.

Pastikan memberi penghargaan kepada remaja saat berhasil mencapai tujuan-tujuan tersebut, bahkan untuk yang terkecil sekalipun. Itu merupakan wujud kasih sayang yang bisa ditunjukkan orang tua, alih-alih hanya mengkritik dan menghukum.

Selama proses berhenti mengisap vape, orang tua bisa memberikan alternatif kegiatan lain untuk remaja. Bisa dengan mengerjakan teka-teki, menggambar, bermain gim di ponsel, atau pergi ke gym dan berjalan-jalan di alam bebas.

Selalu ingatkan remaja tentang alasannya ingin berhenti dan konsekuensi jika tidak berhenti. Itu bisa membantu mereka berlatih mengatakan "tidak" jika ada orang yang kembali menawari vape. Saat keinginan kembali mengisap vape cukup besar, alihkan dengan menyantap makanan ringan atau mengunyah permen karet.

Sementara, cukup banyak vape yang mengandung nikotin meskipun tidak diberi label seperti itu. Apabila saran yang telah disampaikan tak berhasil dan remaja mungkin mengalami kecanduan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk bantuan ekstra.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement