Selasa 18 Apr 2023 07:11 WIB

Kontroversi Gol Pertama Liverpool ke Gawang Leeds United, Mengapa Disahkan?

Trent Alexander-Arnold handball saat membangun serangan yang berujung gol Cody Gakpo.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Liverpool Cody Gakpo (kiri) menjebol gawang Leeds United.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Pemain Liverpool Cody Gakpo (kiri) menjebol gawang Leeds United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool mencatatkan kemenangan meyakinkan 6-1 atas Leeds United dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Selasa (18/4/2023) dini hari WIB. Walau menang telak, kemenangan Liverpool diwarnai kontroversi gol pembuka yang dicetak oleh Cody Gakpo.

Gakpo berada di tiang belakang untuk memasukkan bola ke dalam gawang yang terbuka saat Trent Alexander-Arnold merangsek ke depan untuk mengirimkan bola ke pemain timnas Belanda itu di dalam kotak penalti.

Baca Juga

Alexander-Arnold menerobos seorang pemain bertahan Leeds pada awal pergerakannya ketika bola mengenai lengannya. Namun VAR tidak mengubah keputusan di lapangan untuk mengesahkan gol dari wasit Craig Pawson.

Liverpool Echo diberitahu oleh sumber dari PGMOL, badan pengatur wasit sepak bola di Inggris, bahwa insiden tersebut telah diperiksa. Namun petugas VAR menganggap itu bukan handball yang disengaja. Gol Gakpo membawa the Reds unggul 1-0 di West Yorkshire.

Jamie Carragher berbicara tentang insiden tersebut di studio Monday Night Football, "Tidak diragukan lagi [lengannya] bergerak keluar. Entah itu karena bolanya ada di sana atau memang secara alamiah lengannya akan mengarah ke sana. Saya pikir itu bisa saja terjadi. Tidak diragukan lagi."

Liverpool menambahkan gol kedua tak lama kemudian saat Mohamed Salah mencetak gol ke gawang Leeds untuk gol kedelapannya dalam enam pertandingan melawan tim Yorkshire ini. Skor 2-0 untuk the Reds pada babak pertama.

The Reds belum puas dengan dua gol tersebut. Empat lagi dijaringkan pada babak kedua untuk meraih kemenangan telak dengan skor 6-1. Hasil ini membuat Liverpool masih berada di posisi delapan dengan nilai 47. Terpaut jauh dari zona Liga Champions yakni posisi empat yang ditempati Newcastle United dengan nilai 56. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement