Selasa 18 Apr 2023 08:48 WIB

Jelang Lebaran Bank Mandiri Region VI Jabar Siapkan Rp 5,9 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai selama 30 hari ke depan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat wilayah Bank Mandiri Region VI Jawa Barat telah menyiapkan Rp 5,9 triliun. Wilayah Jabar ini, kecuali Bogor, Depok dan Bekasi. Menurut Regional CEO Bank Mandiri Region VI / Jawa Barat M Wisnu Trihanggodo Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai selama 30 hari ke depan, yakni pada 1 April - 1 Mei 2023 saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 H.

"Alokasi ini meningkat sekitar 7,9 persen dari periode yang sama pada tahun lalu," ujar Wisnu kepada wartawan, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga

Inisiatif ini, kata dia, sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadhan dan Idul Fitri secara nyaman pascakeputusan pemerintah mencabut kebijakan pembatasan kegiatan sosial.

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai, kata dia, digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM  Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp 5,3 triliun selama periode tersebut. “Untuk mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 1.206 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran,” papar Wisnu.

Selain mesin ATM, kata dia, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.

“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 256 ATM dan 3.252 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” katanya.

Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri, kata dia, kini telah mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan Quick Response (QR) payment sumber dana tabungan ataupun kartu kredit. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat pada super app ini.

“Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” kata Wisnu.

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, kata Wisnu, pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 108 ribu kartu yang dapat diperoleh di cabang, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lainnya), outlet resmi bankmandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Menurutnya, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga. "Tidak hanya itu, selama bulan Ramadhan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah, seperti diskon sampai 50 persen dengan Livin’ Poin untuk transaksi menggunakan kartu debet dan kartu kredit Mandiri di EDC Mandiri di seluruh tenant yang sudah bekerja sama," katanya.

Kemudian, kata dia, program cicilan 0% sampai 24 bulan dengan potongan harga hingga 2 juta rupiah, ada juga cashback 50 persen dengan QRIS Livin’ by Mandiri untuk sumber dana kartu kredit juga tidak lupa free voucher hingga Rp 100 ribu dan promo lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement