Selasa 18 Apr 2023 15:18 WIB

Cegah Ancaman Keamanan, Ini Cara Perbarui Chrome

Google berusaha keras untuk mengatasi kebocoran keamanan tersebut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah berusaha keras untuk mengatasi kebocoran keamanan dengan meluncurkan perbaikan perangkat lunak di seluruh dunia./ilustrasi
Foto: twitter
Google telah berusaha keras untuk mengatasi kebocoran keamanan dengan meluncurkan perbaikan perangkat lunak di seluruh dunia./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google berupaya memperbaiki kebocoran keamanan utama, sekaligus memperingatkan ancaman peretas. Jika saat ini masih menggunakan browser Chrome populer Google untuk menjelajahi web, mengirim email, dan berbelanja daring, penting bagi pengguna untuk segera mengunduh pembaruan baru sesegera mungkin.

Hal ini karena raksasa teknologi AS telah mengeluarkan peringatan yang mengkhawatirkan usai menemukan malware baru yang diberi peringkat zero-day. Artinya, jika perangkat pengguna berjalan pada versi Chrome yang lama, maka dapat berisiko terkena serangan dunia maya.

Baca Juga

Google telah berusaha keras untuk mengatasi kebocoran tersebut. Saat ini sedang meluncurkan perbaikan perangkat lunak di seluruh dunia.

Setelah mengunduh Chrome versi terbaru, perangkat lunak akan mencegah upaya penjahat dunia maya ke depannya, yang berniat mencuri data menggunakan kelemahan yang sama. Pembaruan bertujuan melindungi pengguna dari serangan oknum dunia maya lebih lanjut.

Mengkonfirmasi kabar tersebut, Google menyatakan bahwa The Stable dan extended stable channel, telah diperbarui ke 112.0.5615.121 untuk Windows Mac dan Linux yang akan diluncurkan dalam beberapa hari atau pekan mendatang.

Pembaruan ini mencakup dua perbaikan keamanan. Google menyadari bahwa eksploit untuk CVE-2023-2033 ada di dunia maya.

Sangat penting bagi siapa pun yang menggunakan Google Chrome untuk memeriksa laptop Windows dan Apple MacBook mereka untuk memastikan semuanya telah ditingkatkan ke versi terbaru yang disebut 112.0.5615.121.

Pengguna dapat memeriksa versi Chrome saat ini hanya dengan meluncurkan browser, lalu mengeklik Chrome dari bilah menu dan mengetuk Tentang Chrome. Pengguna akan melihat hal yang terpasang dan jika ada pemutakhiran yang tersedia.

Jika itu menunjukkan sesuatu yang lebih tua dari 112.0.5615.121 maka pengguna harus memperbaruinya sesegera mungkin.

Berikut cara memperbarui browser Chrome Anda, seperti dikutip dari laman Express Selasa (18/4/2023).

 

• Di komputer, buka Chrome

 

• Di kanan atas, klik Lainnya (More).

 

  • Klik Bantuan (Help). Tentang Google Chrome (About Google Chrome).

 

• Klik Perbarui (Update) Google Chrome. Penting: Jika Anda tidak dapat menemukan tombol ini, Anda menggunakan versi terbaru.

 

• Klik Luncurkan Ulang (Relaunch).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement