Rabu 19 Apr 2023 16:09 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Minta Pesantren Tingkatkan Daya Saing Santri

Wapres Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat menjaga kearifan pesantren.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan pesantren.
Foto: Republika
Ilustrasi kegiatan pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta pondok pesantren terus meningkatkan kompetensi santri agar memiliki daya saing. Kiai Ma'ruf mengatakan, sebagai lembaga pendidikan, pesantren diharapkan berkontribusi dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) unggul menjadi fondasi bagi sebuah bangsa untuk memajukan masyarakatnya.

“Dorong para santri untuk terus meningkatkan kapabilitas di berbagai bidang, agar memiliki kompetensi yang mampu bersaing, baik di tingkat nasional maupun global,” ujar Ma'ruf pada Peringatan Hari Lahir ke-57 Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Islam Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (19/04/2023).

Baca Juga

Kiai Ma'ruf berharap, pesantren terus bertumbuh untuk meneruskan perjuangan para ulama baik dalam memperbaiki umat maupun bangsa. 

Karena itu, Ma'ruf berharap ponpes juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi dan keuangan syariah. Saat ini, ekonomi dan keuangan syariah terus didorong untuk kemajuan ekonomi nasional.

"Khususnya dalam rangka menyejahterakan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf memberikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pengurus Pondok Pesantren Al-Islam Ponorogo atas sumbangsih dalam bidang dakwah dan pendidikan agama Islam.

“Saya ucapkan selamat kepada kiai pengasuh, pengurus, dan seluruh santri atas pencapaian usia selama lebih dari lima dekade. Dan terima kasih atas segala kiprah dan dedikasi Pondok Pesantren Al-Islam bagi kemajuan peradaban melalui dakwah dan pendidikan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement