Ahad 23 Apr 2023 07:07 WIB

Posko Mudik BPJS Kesehatan Gandeng Ahli Pijat Tunanetra Manjakan Pemudik

BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Balik

Red: Agus Yulianto
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti.
Foto: istimewa
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti.

REPUBLIKA.CO.ID, Posko Mudik BPJS Kesehatan menggandeng ahli pijat tunanetra dalam rangka melayani pemudik Lebaran tahun ini. Ini juga sebagai upaya kontribusi BPJS Kesehatan dalam pemberdayaan peran penyandang disabilitas pada masyarakat.

"Kami menggandeng ahli pijat tunanetra yang dihadirkan untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi di Posko Mudik BPJS Kesehatan," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti di Terminal Bus Pulo Gebang, Jakarta Timur.

 

photo
Pemudik memeriksa kesehatannya di posko mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulo Gebang, Jakarta. BPJS Kesehatan mendirikan posko mudik saat arus mudik 2022 dibeberapa titik diantranya di Terminal Pulo Gebang, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Unggaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dengan fasilitas tes kesehatan gratis, layanan pijat. (Republika/Thoudy Badai)

 

Ghufron menambahkan, di posko mudik tersebut, secara khusus BPJS Kesehatan menggandeng penyandang disabilitas dalam hal ini tunanetra untuk juga membantu memberikan layanan kepada pemudik yang berkunjung. 

Dalam kesempatan sama, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI YB Satya Sananugraha menyampaikan, apresiasinya kepada BPJS Kesehatan yang dinilai telah berupaya mengakomodir kebutuhan pemudik dengan membuka posko mudik di Terminal Pulogebang dan titik padat pemudik lainnya.

"Saya berharap posko ini dapat turut andil memberikan manfaat dan kenyamanan dari pemudik. Terlebih dengan turut serta menggandeng penyandang disabilitas, hal ini juga mendukung upaya pemerintah yang tengah berkomitmen kuat untuk memberikan pelayanan, perlindungan, dan memfasilitasi penyandang disabilitas," katanya.

Satya juga mengatakan, terdapat prediksi peningkatan jumlah masyarakat yang mudik dari 86 juta di tahun 2022 ke 123 juta di tahun 2023. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Untuk itu, pemerintah meminta keterlibatan masyarakat untuk ikut andil menjaga keamanan dan kenyamanan arus mudik termasuk instansi atau Lembaga seperti BPJS Kesehatan.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Balik padat pemudik sebagai upaya mendukung kelancaran aktivitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat luas yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2023.

Lima Posko Mudik tersebut yaitu, Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dan Posko Arus Balik terdapat di Rest Area 319 B Pemalang

Selain sebagai sarana relaksasi dan edukasi Program JKN, di Posko Mudik BPJS Kesehatan para pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan seperti konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat darurat dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut. Pemudik juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko.

Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan bisa dinikmati secara gratis. Sehingga, pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya.

Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement