Jumat 21 Apr 2023 04:32 WIB

Madu Disebut Bisa Bantu Pelihara Kesehatan Mata

Kelainan pada mata adalah hal serius yang membutuhkan penanganan dengan tepat.

Red: Fernan Rahadi
Madu (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Madu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelainan pada mata dapat terjadi pada siapa pun tanpa kenal usia. Pada sebagian orang kelainan mata bisa pulih dengan sendirinya, namun sebagiannya lagi membutuhkan tindakan lebih lanjut untuk mencegah kondisi yang lebih parah. 

Kelainan pada mata adalah hal serius yang membutuhkan penanganan dengan tepat, sebab beberapa kasus yang terjadi bisa berakhir dengan kebutaan. Penanganan kelainan pada mata umumnya dilakukan secara medis. 

Obat-obatan yang diresepkan dokter berguna mengurangi gejala yang timbul akibat penyakit tertentu. Selain obat-obatan, konsumsi vitamin mata diperlukan untuk menjaga kesehatan indra penglihatan. 

Banyak faktor yang memicu kelainan pada mata, mulai dari infeksi bakteri, alergi, mata lelah, hingga kerusakan pada saraf mata. Meski terkesan remeh, namun kondisi ini bisa menjadi lebih parah jika tidak mendapatkan penanganan secara tepat. Komplikasi pada kesehatan mata bisa menyebabkan kelainan kornea, gangguan retina, refraksi, glaukoma, katarak, mata kering, dan konjungtivitis.