Kamis 20 Apr 2023 03:44 WIB

Gerhana Matahari Hibrida Terjadi Pagi Ini, NASA dkk Sediakan Link Streaming Gratis

Gerhana matahari hibrida hanya terjadi beberapa kali setiap abad.

Rep: Ilham Tirta/ Red: Partner
.
.

Urutan gerhana matahari total ini menunjukkan matahari menghilang di balik bulan yang bergerak maju dan kemudian muncul kembali. Gambar: Alan Dyer/VW Pics/UIG via Getty Images
Urutan gerhana matahari total ini menunjukkan matahari menghilang di balik bulan yang bergerak maju dan kemudian muncul kembali. Gambar: Alan Dyer/VW Pics/UIG via Getty Images

ANTARIKSA -- Peristiwa langit yang langka terjadi hari ini. Kamis, 20 April 2023 pagi, bulan akan menghalangi matahari selama apa yang dikenal sebagai gerhana matahari hibrida. Gerhana jenis ini adalah bergesernya gerhana matahari total menjadi gerhana matahari annular berbentuk cincin, saat bayangan bulan bergerak melintasi permukaan bumi.

Gerhana matahari hibrida terakhir terjadi pada 2013, dan berikutnya akan terjadi pada 2031. Setelah itu, kita harus menunggu hingga 23 Maret 2164. Semoga umur kita sampai di tahun itu, Aamiin.

Fenomena bersejarah ini akan terlihat dari Pasifik Selatan, dengan bayangan bulan melewati Australia barat, Timor Leste, dan Indonesia mulai pukul 08.36 WIB (sekitar 4 jam lagi) dan berakhir pada 13:59 WIB.

Jika jalur gerhana tidak melewati lokasi Anda atau Anda kesulitan melihat saat transisi gerhana hibrida, Anda masih bisa mengakses beberapa streaming langsung gratis yang menghadirkan aksi surgawi ke layar gadjet Anda. Berikut adalah sejumlah link resmi yang menyediakan livestreaming gerhana matahari hibrida 20 April 2023:

TimeAndDate.com

TimeAndDate.com akan menyelenggarakan streaming langsung di saluran YouTube mereka mulai pukul 8.30 WIB.

Gravity Discovery Center & Observatory

Gravity Discovery Center & Observatory dekat Perth, Australia juga akan menyelenggarakan streaming langsung gerhana di saluran YouTube mereka mulai pukul 09.00 WIB.

NASA TV

NASA akan menyelenggarakan streaming langsung gerhana di saluran YouTube mereka, NASA TV. Liputan NASA akan dimulai pada pukul 09:30 WIB.

Hanya ada dua lokasi di Bumi di mana gerhana hibrida akan terlihat bertransisi dari annular ke total dan kemudian kembali ke annular lagi. Sayangnya, kedua lokasi itu ditemukan di daerah terpencil di lautan. Sementara tempat lainnya akan melihat satu di antara keduanya; gerhana matahari total atau gernaha matahari cincin. Sumber: Space.com

Baca juga:

Kapan 1 Syawal Idul Fitri Menurut Kalender Antariksa?

Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023: Waktu, Lokasi, dan Link Satelit BMKG

Usai Gerhana Matahari 20 April 2023, Starship SpaceX akan Mengitari Bumi

Saat Gerhana Matahari 20 April 2023, Satelit NASA akan Jatuh Menghujam Bumi

Fase Bulan: Bulan Baru, Idul Fitri, dan Gerhana Matahari Hibrida

Apa Itu Fase Bulan? Penampakan Bulan di Langit Malam

Ikuti ulasan lainnya dari Antariksa dengan subscribe di sini.

 

sumber : https://antariksa.republika.co.id/posts/211963/gerhana-matahari-hibrida-terjadi-pagi-ini-nasa-dkk-sediakan-link-streaming-gratis
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement