Jumat 21 Apr 2023 16:26 WIB

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Kanselir Jerman Kenang Momen Berbuka Puasa dengan Jokowi

Belum lama ini Jokowi melakukan pertemuan dengan Olaf Scholz.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Presiden RI Joko Widodo bersama Kanselur Jerman Olaf Scholz dalam sebuah kesempatan di sela-sela perhelatan Hannover Messe 2023 pekan lalu.
Foto: Instagram Kanselir Jerman
Presiden RI Joko Widodo bersama Kanselur Jerman Olaf Scholz dalam sebuah kesempatan di sela-sela perhelatan Hannover Messe 2023 pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN – Kanselir Jerman Olaf Scholz menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Instagram-nya. Scholz mengunggah foto dirinya bersama Jokowi yang belum lama ini melakukan pertemuan bilateral di sela-sela perhelatan Hannover Messe 2023.

“Seperti banyak Muslim di seluruh dunia, Presiden Indonesia Joko Widodo juga merayakan bulan Ramadhan. Pada Minggu (16/4/2023), saya ikut berbuka puasa bersamanya – sebuah pengalaman istimewa,” tulis Scholz di akun Instagram-nya, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga

“Hari ini, Ramadhan berakhir dengan Idul Fitri. Saya berharap menjadi perayaan yang diberkati dan damai untuk semua warga Muslim. Ied Mubarak!” tulis Scholz menambahkan pada takarir foto Instagram-nya.

Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Olaf Scholz di Lower Saxony, Hannover, 16 April lalu. Kerja sama ekonomi dan investasi menjadi dua hal utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut. “Terkait kerja sama ekonomi, Bapak Presiden menekankan pentingnya mewujudkan hubungan ekonomi yang setara antara Indonesia-Jerman dan juga Indonesia dengan Uni Eropa,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Karena menghendaki kesetaraan, Indonesia menginginkan berbagai regulasi Uni Eropa yang menghambat terciptanya hal tersebut dibenahi. “Bapak Presiden juga meminta dukungan Jerman agar perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement dapat segera dituntaskan,” ungkap Retno.

Terkait investasi, Jokowi menyambut pembentukan Komite Bersama Ekonomi dan Investasi Indonesia-Jerman. “Investasi Jerman di Indonesia perlu difokuskan pada sektor prioritas seperti industri yang berorientasi ekspor, energi terbarukan, dan hilirisasi,” kata Retno.

Jokowi dan Olaf Scholz juga sempat membahas kerja sama energi. Jokowi menekankan pentingnya investasi dan alih teknologi dari Jerman untuk mendukung transisi energi di Indonesia. “Di dalam diskusi tadi juga dibahas mengenai implementasi dari just energy transition partnership,” ucap Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement