Sabtu 22 Apr 2023 21:25 WIB

Aquarium Indonesia Pangandaran Sediakan Beragam Hal Baru saat Libur Lebaran

Operasional Aquarium Pangandaran saat Lebaran akan dimundurkan jadi pukul 10.00

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Objek wisata itu akan tetap beroperasi pada hari pertama Lebaran.
Foto: Dok. Aquarium Indonesia Pangandaran
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Objek wisata itu akan tetap beroperasi pada hari pertama Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID,  PANGANDARAN -- Aquarium Indonesia Pangandaran merupakan salah satu objek wisata buatan yang sedang populer di Kabupaten Pangandaran. Objek wisata yang baru dioperasikan sejak Desember 2022 diprediksi akan ramai kunjungan pada momen libur Lebaran 1444 H.

Marketing Aquarium Indonesia, Ahmad Syafii Lubis, mengatakan tempatnya itu akan tetap beroperasi pada hari pertama Lebaran, Sabtu (22/4/2023). Namun, operasional pada hari pertama Lebaran itu akan dimundurkan menjadi mulai pukul 11.00 WIB untuk mempersilakan para karyawan merayakan Idulfitri. 

"Hari setelahnya, operasional setiap pukul 08.30 hingga 16.30 WIB," kata Lubis saat dikonfirmasi Republika, Jumat (21/4/2023). 

Menurut dia, akan ada sejumlah wahana baru yang ditampilkan di Aquarium Indonesia Pangandaran selama momen libur Lebaran. Wahana baru itu telah disiapkan sejak awal Ramadhan, ketika objek wisata itu tutup sementara.

Wahana baru yang pertama adalah sketsa akuarium yang dikhususkan untuk anak-anak mewarnai. Di tempat itu, hasil mewarnai anak-anak akan dimunculkan di layar proyektor secara digital.

Wahana baru kedu adalah tempat untuk menjajal sarana virtual reality (VR). Di tempat itu, pengunjung akan disajikan pengalaman realitas virtual berada di dasar laut dan memberikan pakan kepada sejumlah biota. 

"Wahana baru ini bisa digunakan gratis, karena masih promo," ujar Lubis.

Tak hanya itu, wahana baru lain yang disediakan adalah paludarium dan aquascape yang ditata sedemikian rupa agar terlihat estetik. Selain itu, ada juga wahana akuarium sampah untuk sarana edukasi terkait sebab akibat sampah dengan laut.

Bukan hanya penambahan wahana, sarana dan prasarana di Aquarium Indonesia Pangandaran juga ditingkatkan. Lubis mencontohkan, pihaknya telah memperbaiki sarana infografis dari yang sebelumnya manual menjadi seluruhnya digital.

Di bagian dekorasi, manajemen juga menyediakan patung ikan paus baru dengan panjang sekitar 10 meter. Patung itu digantung di dekat pintu utama, sehingga bisa jadi spot foto baru.

"Di area luar juga sudah akan tersedia beberapa jajanan minuman. Sebelumnya kan masih kosong, untuk Lebaran besok akan ada minuman," kata Lubis. 

Dengan berbagai hal baru yang ada, harga tiket masuk ke Aquarium Indonesia Pangandaran tak mengalami kenaikan. Namun, tiket yang berlaku selama momen libur Lebaran hingga 16 Mei 2024 adalah tiket dengan tarif akhir pekan, yaitu Rp 50 ribu per orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement