Sabtu 22 Apr 2023 17:16 WIB

Waspadai Enam Gejala Diabetes yang Langka dan tak Biasa

Tanda peringatan diabetes ini dapat menyebabkan perkembangan komplikasi diabetes.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Lida Puspaningtyas
Alat pendeteksi kadar gula darah (ilustrasi). kasus diabetes anak pada 2023 meningkat 70 kali lipat sejak 2010.
Foto: www.freepik.com
Alat pendeteksi kadar gula darah (ilustrasi). kasus diabetes anak pada 2023 meningkat 70 kali lipat sejak 2010.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gejala awal diabetes bisa jadi muncul dengan beberapa tanda yang tidak biasa atau terbilang langka. Itulah mengapa, ada banyak pasien diabetes yang terlambat didiagnosa dan mendapat perawatan.

Menurut para ahli kesehatan, mengabaikan tanda-tanda peringatan diabetes ini dapat menyebabkan perkembangan komplikasi diabetes, yang mungkin tidak dapat disembuhkan. Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala-gejala tersebut untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

Baca Juga

Seperti dilansir dari Times Now News, Sabtu (22/4/2023), berikut beberapa tanda diabetes yang langka dan tidak biasa.

1. Napas berbau buah

Salah satu gejala diabetes yang kurang dikenal adalah ketoasidosis diabetikum yang disebabkan oleh napas yang berbau buah. Menurut dokter, hal ini terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang cukup untuk energi dan memecah sel-sel lemak, sehingga menghasilkan asam yang disebut keton.

Keton yang berlebihan biasanya keluar dari tubuh melalui air seni, tetapi di sini keton menyebabkan napas berbau buah.

2. Sering mengalami infeksi saluran kemih

Gula bisa menarik bakteri dan ragi, dan ketika kadarnya menjadi tinggi, tubuh akan sering mengalami infeksi saluran kemih dan ragi. Hal ini paling sering terjadi pada wanita dan dapat berulang sampai kadar gula dapat dikelola.

3. Rasa gatal yang terus-menerus

Jika Anda sering mengalami rasa gatal yang terus-menerus di seluruh tubuh, ini adalah tanda diabetes yang tidak terdiagnosis. Menurut dokter, ketika kadar gula darah meningkat, kadar gula darah juga merusak serabut saraf di tubuh, yang sebagian besar memengaruhi saraf di tangan dan kaki. Rasa gatal yang terus-menerus merupakan akibat dari kerusakan ini, yang juga mengurangi sirkulasi pada anggota tubuh.

4. Kulit di sekitar leher terlihat gelap

Salah satu tanda gejala awal dari diabetes adalah kulit gelap yang terlihat di sekitar area leher, terutama pada lipatan. Dokter mengatakan bahwa kulit di sekitar leher mungkin juga terasa seperti beludru atau lebih tebal. Warna leher yang gelap, yang juga dikenal sebagai acanthosis nigricans juga dapat terlihat pada pangkal paha dan ketiak.

5. Penglihatan kabur

Seringkali, orang yang menderita diabetes mulai mengalami penglihatan kabur yang merupakan salah satu tanda peringatan. Gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi setiap bagian tubuh, termasuk mata. Hal ini dapat mengubah kadar cairan dalam mata, mengakibatkan pembengkakan, penglihatan kabur, atau kesulitan untuk fokus pada objek.

6. Sembelit kronis

Ada banyak alasan untuk mengalami sembelit, termasuk gangguan pencernaan. Namun, salah satu penyebab utamanya adalah kadar glukosa yang tinggi dapat merusak saraf di usus dan menyebabkan motilitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement