Senin 24 Apr 2023 02:57 WIB

Libur Lebaran, Wisatawan Kunjungi KBS Meningkat 300 Persen

Pengelola KBS menyiapkan wahana baru dan program Lebaran.

Red: Yusuf Assidiq
Warga memberi makan jerapah di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Didik Suhartono
Warga memberi makan jerapah di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) mencatat tingkat kunjungan wisatawan naik 300 persen sebanyak 14.567 orang pada Ahad (23/4/2023) dibanding hari sebelumnya yang hanya 3.404 pengunjung saat libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Prediksi saya tadi pagi sekitar 10 ribu saja, alhamdulillah ini pengunjungnya meningkat, namun jika dibanding tahun sebelumnya, kalau tidak salah sekitar 15 ribuan lebih, agak ada penurunan sedikit karena saya lihat juga di tempat-tempat hiburan lainnya juga seperti itu," kata Plt Humas KBS Lastri Pujiono.

Menurut dia, berkaca dari tahun sebelumnya, saat hari raya pertama dan kedua memang pengunjung yang ada di KBS cenderung tidak banyak. "Mungkin para wisatawan ini masih berkunjung ke sanak saudara, namun trennya akan terus meningkat saat hari ketiga hingga hari ketujuh, dari dulu seperti itu," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan wahana baru dan program Lebaran untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke KBS yang berlokasi di Jalan Setail Surabaya tersebut.

"Wahana baru yang dapat dinikmati pengunjung saat musim libur Idul Fitri 1444 Hijriah itu Mushroom House and Playland Surabaya Zoo atau rumah jamur, tempat bermain anak-anak," jelas dia.

Area bermain ketangkasan untuk anak-anak tersebut, lanjutnya, baru saja dibuka pada 22 April 2023 yang bertepatan dengan libur lebaran.

"Putra-putri para pengunjung ini bisa masuk ke area wilayah rumah jamur atau playland untuk dapat bermain sepuasnya dengan hanya membayar tiket Rp 15 ribu," katanya.

Lastri menjelaskan, dalam wahana terbaru tersebut, pengunjung bisa foto bersama satwa, antara lain binturong, elang, ular, dan aneka binatang tidak berbahaya lainnya.

"Jadi anak-anak bisa pegang satwa sekaligus foto bersama dengan gawai mereka sendiri atau orang tuanya bebas, namun tetap dengan pengawasan dari keeper yang menjaga hewan-hewan itu," ujarnya.

Selain itu, di dalam wahana tersebut juga tersedia kafe yang menjual aneka makanan dan minuman ringan bagi para pengunjung yang berada di playland.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan wahana lainnya seperti Aquanoctudio, Animal Edutainment, Kids Zoo, tunggang gajah, tunggang onta, wisata perahu, serta kolam renang anak.

Lastri berharap, dengan adanya wahana baru, program libur lebaran dan ketentuan aturan yang berlaku para pengunjung dapat merasa aman dan nyaman saat berada di area KBS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement