Senin 24 Apr 2023 14:27 WIB

Pengeluaran Militer Global Naik Pesat

pengeluaran militer dunia naik 3,7 persen pada 2022 menjadi 2,24 triliun dolar AS

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Pengeluaran militer global naik tahun lalu karena perang Rusia di Ukraina mendorong peningkatan tahunan terbesar dalam pengeluaran di Eropa sejak akhir Perang Dingin.
Foto: EPA-EFE/Javier Cebollada
Pengeluaran militer global naik tahun lalu karena perang Rusia di Ukraina mendorong peningkatan tahunan terbesar dalam pengeluaran di Eropa sejak akhir Perang Dingin.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Pengeluaran militer global naik tahun lalu karena perang Rusia di Ukraina mendorong peningkatan tahunan terbesar dalam pengeluaran di Eropa sejak akhir Perang Dingin. Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) melaporkan, pengeluaran militer dunia naik 3,7 persen secara riil pada 2022 menjadi 2,24 triliun dollar AS.

Invasi Rusia ke Ukraina, yang dimulai pada Februari tahun lalu mendorong negara-negara Eropa bergegas memperkuat pertahanan mereka.  

"Ini termasuk rencana multi-tahun untuk meningkatkan pengeluaran dari beberapa pemerintah. Sehingga, kami memperkirakan pengeluaran militer di Eropa Tengah dan Barat akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang," kata Peneliti Senior SIPRI Diego Lopes da Silva.

Pengeluaran militer Ukraina naik 640 persen pada 2022. Ini adalah peningkatan tahunan terbesar yang tercatat dalam data SIPRI sejak 1949. Jumlah tersebut tidak termasuk sejumlah besar bantuan keuangan militer yang diberikan oleh Barat.

SIPRI memperkirakan bahwa bantuan militer ke Ukraina dari Amerika Serikat menyumbang 2,3 persen dari total pengeluaran militer AS pada 2022. Amerika Serikat adalah pembelanja terbesar di dunia sejauh ini, namun pengeluaran keseluruhannya hanya naik sedikit secara riil.

Sementara itu, pengeluaran militer Rusia tumbuh sekitar 9,2 persen. SIPRI mengakui angka-angka tersebut sangat tidak pasti mengingat meningkatnya ketidakjelasan otoritas keuangan sejak perang di Ukraina dimulai.

“Perbedaan antara rencana anggaran Rusia dan pengeluaran militer yang sebenarnya pada tahun 2022 menunjukkan bahwa invasi Ukraina telah merugikan Rusia jauh lebih banyak daripada yang diantisipasi,” kata Direktur Program Pengeluaran Militer dan Produksi Senjata SIPRI, Lucie Beraud-Sudreau.

Pengeluaran militer Eropa melonjak 13 persen tahun lalu, terutama karena peningkatan Rusia dan Ukraina. Banyak negara di seluruh benua juga meningkatkan anggaran militer di tengah meningkatnya ketegangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement