Selasa 25 Apr 2023 19:59 WIB

Jalur Cadas Hideung Cianjur Terkena Longsoran, Arus Lalu Lintas Terhambat

Polisi melaporkan tidak ada korban jiwa akibat longsor di jalur Cadas Hideung.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Jalan terdampak longsor.
Foto: istimewa
(ILUSTRASI) Jalan terdampak longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Longsor dilaporkan terjadi di jalur Cadas Hideung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023). Material longsor jatuh ke jalur menuju wilayah selatan Cianjur itu, sehingga sempat menghambat arus lalu lintas kendaraan.

Salah seorang warga sekitar, Adang, mengatakan, longsor terjadi pada tebing sisi jalan setelah sekitar beberapa jam turun hujan deras. Longsoran menutup sebagian badan jalan.

“Selang beberapa jam hujan turun, warga sudah melihat ada pergerakan tanah tebing, sehingga hal tersebut dilaporkan ke petugas, yang langsung disiagakan beberapa puluh meter sebelum lokasi. Sehingga, saat longsor terjadi, tidak ada korban jiwa atau kendaraan yang melintas,” kata Adang.

Kepala Polsek (Kapolsek) Sukanagara AKP Tio menjelaskan, longsor terjadi pada tebing dengan ketinggian sekitar 30 meter. Menurut dia, longsoran jatuh ke badan jalan dengan panjang sekitar sepuluh meter.

“Tidak ada korban jiwa atau materiel. Hanya antrean panjang terlihat sepanjang lima kilometer dari kedua arah,” kata dia, Selasa (25/4/2023).

Jalur Cadas Hideung yang terdampak longsor itu merupakan jalan provinsi. Karena itu, Kapolsek mengatakan, untuk penanganan dampak longsor pun dikoordinasikan dengan dinas terkait di Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Koordinasi dilakukan untuk mengerahkan alat berat ke lokasi kejadian agar evakuasi material longsor dapat lebih cepat. “Kami menargetkan pembersihan material longsor dapat dengan cepat dilakukan ketika alat berat datang. Untuk saat ini ditargetkan kendaraan roda dua dapat melintas karena sejak pagi hingga siang jalur ini padat dilalui pemudik dan wisatawan,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement