Rabu 26 Apr 2023 08:49 WIB

Tiga Wanita yang Dinikahi Nabi Muhammad di Bulan Syawal

Nabi Muhammad menikahi tiga wanita di bulan Syawal.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Wanita yang Dinikahi Nabi Muhammad di Bulan Syawal. Foto:   Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad
Foto: Dok Republika
Tiga Wanita yang Dinikahi Nabi Muhammad di Bulan Syawal. Foto: Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH --Menikah di bulan Syawal adalah pilihan yang tepat dan mendatangkan keberkahan. Orang yang menikah di bulan Syawal mendapat pahala sunah yang berlipat ganda yakni  pahala menikah dan juga pahala mengikuti nabi Muhammad SAW dalam memilih bulan melangsungkan pernikahan. Sebab nabi Muhammad SAW juga menikahi beberapa istrinya pada bulan Syawal. Siapa saja istri nabi yang dinikahi pada bulan Syawal?

1.Saudah binti Zam'ah

Baca Juga

Rasulullah SAW menikahi Saudah binti Zam'ah pada bulan Syawal. Tepatnya pada tahun kesepuluh kenabian atau setelah wafatnya sayyidah Khodijah binti Khuwailid. Saudah binti Zam'ah dinikahi nabi dengan berstatus janda. Sebelum menikah dengan nabi Muhammad, Saudah binti Zam'ah adalah istri as Sakran bin Amr. Mereka adalah termasuk di antara sahabat nabi Muhammad SAW yang memeluk Islam pada periode awal dakwah nabi. Bahkan mereka pun ikut hijrah ke Habasyah. Akan tetapi saat berada di Habasyah, as Sakran bin Amr meninggal dunia sehingga Saudah binti Zam'ah pun menjadi janda. 

2.Aisyah binti Abu Bakar

Rasulullah SAW juga menikahi Aisyah binti Abu Bakar pada bulan Syawal. Ini dapat ditemukan dalam hadits nabi: 

عن عَائِشَة رَضِيَ اللَّه عَنْهَا قَالَتْ: تَزَوَّجَنِي رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَوَّال، وَبَنَى بِي فِي شَوَّال، فَأَيّ نِسَاء رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَحْظَى عِنْده مِنِّي؟ قَالَ: وَكَانَتْ عَائِشَة تَسْتَحِبّ أَنْ تُدْخِل نِسَاءَهَا فِي شَوَّال.  

Dari ‘Aisyah radliyallahu ‘anha berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan mulai mencampuriku juga di bulan Syawal, maka istri beliau manakah yang kiranya lebih mendapat perhatian besar disisinya daripada aku? Salah seorang perawi berkata, Dan Aisyah merasa senang jika para wanita menikah di bulan Syawal. (HR Muslim dan at-Tirmidzi).

Dalam Ar Rahiq al-Makhtum dituliskan, Rasulullah menikah dengan Aisyah pada bulan Syawal tahun ke-11 kenabian, saat Aisyah masih berusia 6 tahun. Meskipun demikian, beliau baru membina rumah tangga dengan Aisyah pada Syawal 1 H, tujuh bulan setelah hijrah, saat Aisyah sudah berusia 9 tahun.

3.Ummu Salamah

Rasulullah SAW menikahi Ummu Salamah atau Hindun binti Abi Umayyah Al Makhzumiyah juga pada bulan Syawal. Ummu Salamah dinikahi nabi dengan status janda. Sebab sebelumnya ia adalah istri dari Abdullah bin Abdil Asad Al-Makhzumi yang gugur syahid di perang Uhud. Ummu Salamah adalah istri Rasulullah yang terakhir wafat, yakni pada tahun 59 H. dengan diberkahi umur panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement