Rabu 26 Apr 2023 12:51 WIB

Diperiksa Majelis Etik ASN, Thomas Djamaluddin: Saya Sudah Beri Keterangan

BRIN menjadwalkan memeriksa AP Hasanuddin dan Thomas Djalamuddin hari ini.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Erik Purnama Putra
Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika BRIN, Thomas Djamaluddin.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika BRIN, Thomas Djamaluddin.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selesai menggelar sidang etik terhadap peneliti BRIN, Andi Pangareng Hasanuddin di kantor BRIN, Jakarta Pusat pada Rabu (26/4/2023). Berdasarkan informasi, pemeriksaan internal juga dilakukan terhadap Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika BRIN, Thomas Djamaluddin, yang memicu kolom perdebatan daring di Facebook.

"Tadi saya pagi sudah dipanggil untuk memberikan keterangan kepada tim pemeriksa," kata Thomas saat dikonfirmasi Republika.co.id di Jakarta, Rabu (26/4/2023).

Meski demikian, Thomas tak mengetahui pertimbangan Majelis Etik ASN menanggil dirinya maupun AP Hasanuddin. Eks ketua Lembaga Antariksa Nasional (Lapan) tersebut hanya memastikan, pemanggilan itu sebagai bentuk pemeriksaan atas statusnya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Menyoal bentuk pemeriksaan dan pertanyaan yang diajukan Majelis Etik ASN, ia tidak memerinci lebih lanjut. "(Hanya) tentang keterangan kegiatan di Facebook yang terkait dengan konten yang viral," ucap Thomas singkat.