Rabu 26 Apr 2023 15:13 WIB

Uni Eropa Sepakati Target Bahan Bakar Ramah Lingkungan untuk Penerbangan

Penerbangan dipandang sebagai salah satu sektor yang sulit untuk didekarbonisasi.

Pesawat maskapai Jerman Lufthansa bersiap di landasan pacu Bandara Frankfurt, Sabtu (7/3). Uni Eropa sepakat menetapkan target yang mengikat bagi maskapai penerbangan di Eropa untuk meningkatkan penggunaan bahan bakar penerbangan berkelanjutan.
Foto: AP Photo/Michael Probst
Pesawat maskapai Jerman Lufthansa bersiap di landasan pacu Bandara Frankfurt, Sabtu (7/3). Uni Eropa sepakat menetapkan target yang mengikat bagi maskapai penerbangan di Eropa untuk meningkatkan penggunaan bahan bakar penerbangan berkelanjutan.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa sepakat menetapkan target yang mengikat bagi maskapai penerbangan di Eropa untuk meningkatkan penggunaan bahan bakar penerbangan berkelanjutan. Hal itu dilakukan dalam upaya memulai pasar bahan bakar ramah lingkungan dan mengurangi jejak karbon sektor penerbangan.

Negosiator dari Parlemen Eropa dan negara-negara anggota UE mencapai kesepakatan sebelum tengah malam pada Selasa. Proposal tersebut bertujuan untuk meningkatkan permintaan dan pasokan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF), yang memiliki emisi CO2 net-zero atau emisi karbon rendah. 

Baca Juga

Untuk saat ini, bahan bakar ini diproduksi dalam jumlah kecil. Harga bahan bakar ini masih jauh lebih mahal daripada bahan bakar fosil.

Proposal tersebut menetapkan target yang mengikat bagi pemasok bahan bakar penerbangan. Mereka harus memastikan semua bahan bakar yang tersedia untuk operator pesawat di bandara UE mengandung bagian minimum SAF mulai tahun 2025 dan meningkat hingga tahun 2050.

Setidaknya 2 persen avtur harus SAF pada 2025. Persentasenya harus meningkat menjadi 6 persen pada 2030, 20 persen pada tahun 2035 dan mencapai 70 persen pada tahun 2050.

Mulai tahun 2030, target yang mengikat juga akan berlaku untuk menggunakan bagian minimum bahan bakar sintetik menjadi 35 persen pada tahun 2050. Bahan bakar sintetik dibuat menggunakan emisi CO2 yang ditangkap. Para pendukung mengatakan ini menyeimbangkan CO2 yang dilepaskan saat bahan bakar dibakar di mesin.

Penerbangan dipandang sebagai salah satu sektor yang paling sulit untuk didekarbonisasi, dengan pesawat tanpa emisi diperkirakan tidak akan bertahan lebih dari satu dekade. Dalam waktu dekat, bahan bakar berkelanjutan adalah salah satu dari sedikit pilihan untuk mengurangi jejak karbon perjalanan udara.

Maskapai akan menerima dana sekitar 2 miliar euro dari pasar karbon UE untuk membantu mereka beralih ke SAF.

Biofuel dapat diperhitungkan dalam target utama SAF, asalkan sesuai dengan kriteria kelestarian biomassa UE. Hidrogen rendah karbon yang dihasilkan dari tenaga nuklir juga memenuhi syarat - kemenangan bagi negara-negara seperti Prancis dengan pangsa tenaga atom yang besar.

Negara-negara UE dan Parlemen UE sekarang masing-masing harus menyetujui kesepakatan itu, sebelum dapat disahkan menjadi undang-undang. Proses itu biasanya formalitas yang menyetujui kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya tanpa perubahan.

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement