Kamis 27 Apr 2023 08:13 WIB

Selama Libur Lebaran, Lebih 122 Ribu Pengunjung Padati Monas

Pada Senin (24/4/2023), pengunjung Monas mencapai 60 ribu wisatawan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Warga mengunjungi kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Ahad (8/1/2023). Kawasan Monumen Nasional menjadi alternatif tempat wisata di DKI Jakarta untuk mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga. Selain menjadi tempat berswafoto, kawasan Monas juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati ruang terbuka hijau, berkunjung ke museum Sejarah Nasional,  berkeliling kawasan Monas menggunakan kendaraan wisata serta berbelanja pernak pernik khas betawi. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga mengunjungi kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Ahad (8/1/2023). Kawasan Monumen Nasional menjadi alternatif tempat wisata di DKI Jakarta untuk mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga. Selain menjadi tempat berswafoto, kawasan Monas juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati ruang terbuka hijau, berkunjung ke museum Sejarah Nasional, berkeliling kawasan Monas menggunakan kendaraan wisata serta berbelanja pernak pernik khas betawi. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 122 ribu orang mengunjungi kawasan Monumen Nasional (Monas), Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat selama musim libur Lebaran. Jumlah pengunjung diperkirakan terus mengalami peningkatan, terutama saat akhir pekan pada 29-30 April 2023.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Muhammad Isa Sanuri mengatakan, jumlah pengunjung yang mendatangi Monas terus meningkat. Namun, angka wisatawan diyakini tidak akan sebesar pada Ahad (23/4/2023) dan Senin (24/4/2023).

"Pada 23 April, jumlah wisatawan mencapai 52 ribu. Kemudian meningkat keesokan harinya menjadi 60 ribu wisatawan," kata Isa dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Menurut dia, angka tersebut mengalami penurunan pada Selasa (25/4/2023), dengan jumlah pengunjung sebanyak 6.882 orang. "Prediksi kami puncak kenaikan wisatawan akan terjadi akhir pekan ini (29-30 April 2023) dengan estimasi di atas 60 ribu orang," tutur Isa.

Dia menyebut, selama masa libur Lebaran, pihaknya menyiagakan 87 personel untuk pengamanan di kawasan Monas. Puluhan personel tersebut berjaga di lima pos penjagaan yang berada di lima pintu Monas.

Pemprov DKI Jakarta mengadakan pagelaran Monas Week dan Pentas Seni Monas di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, pada 23-30 April 2023. Kegiatan itu diadakan dalam rangka mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka rangkaian acara Monas Week yang ditandai dengan atraksi video mapping dengan tagline Jakcation #Lebaran2023. Menurut Heru, Monas Week merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta menggaungkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya tadi menyapa ada yang dari Palembang, Aceh, dan dari daerah lainnya. Malam ini kita berkumpul di Monas karena Dinas Pariwisata DKI Jakarta memberikan pelayanan untuk hiburan masyarakat dalam rangka libur Lebaran" kata Heru, baru-baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement