Kamis 27 Apr 2023 10:43 WIB

Erick Thohir: Komitmen GP Ansor terhadap Agama dan Bangsa Teruji Puluhan Tahun

Erick sampaikan GP Ansor sejak lama jadi benteng persatuan bangsa

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Gerakan Pemuda (GP Ansor) merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga Indonesia. Erick menyebut Digdaya GP Ansor, Digdaya Indonesia bukan sekadar jargon di harlah tahun ini. Erick menyampaikan GP Ansor sejak lama telah menjadi benteng dalam merawat persatuan bangsa.
Foto: Istimewa
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Gerakan Pemuda (GP Ansor) merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga Indonesia. Erick menyebut Digdaya GP Ansor, Digdaya Indonesia bukan sekadar jargon di harlah tahun ini. Erick menyampaikan GP Ansor sejak lama telah menjadi benteng dalam merawat persatuan bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Gerakan Pemuda (GP Ansor) merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga Indonesia. Erick menyebut "Digdaya GP Ansor, Digdaya Indonesia" bukan sekadar jargon di harlah tahun ini. Erick menyampaikan GP Ansor sejak lama telah menjadi benteng dalam merawat persatuan bangsa.

"Namun ini bukti komitmen dan cinta GP Ansor pada agama dan bangsa yang telah teruji selama puluhan tahun," ujar Erick dalam akun Instagram, @erickthohir pada Rabu (26/4/2023).

Tak hanya itu, lanjut Erick, GP Ansor juga berkontribusi dalam mendorong akselerasi perekonomian umat. Erick mengatakan GP Ansor juga banyak membantu masyarakat kecil dan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kala diterpa gelombang pandemi covid-19.

"Kolaborasi BUMN dan GP Ansor dalam pemberdayaan ekonomi mikro telah membantu masyarakat melewati masa-masa krisis akibat pandemi covid-19. Satu dari sekian banyak kemaslahatan untuk umat," ucap ketua SC penyelenggara satu abad Nahdlatul Ulama (NU) tersebut. 

Erick mengapresiasi konsistensi GP Ansor di seluruh penjuru tanah air dalam menjaga kebinekaan bangsa. Hal ini menjadi wujud dari sikap Islam yang menjadi rahmat bagi seluruh masyarakat.

"Belum lagi kerja-kerja kemanusiaan ribuan kader Ansor-Banser dan konsistensi melawan sikap intoleran. Semoga Allah SWT senantiasa meridai perjuangan GP Ansor," kata Erick.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِنَّآ اَحْلَلْنَا لَكَ اَزْوَاجَكَ الّٰتِيْٓ اٰتَيْتَ اُجُوْرَهُنَّ وَمَا مَلَكَتْ يَمِيْنُكَ مِمَّآ اَفَاۤءَ اللّٰهُ عَلَيْكَ وَبَنٰتِ عَمِّكَ وَبَنٰتِ عَمّٰتِكَ وَبَنٰتِ خَالِكَ وَبَنٰتِ خٰلٰتِكَ الّٰتِيْ هَاجَرْنَ مَعَكَۗ وَامْرَاَةً مُّؤْمِنَةً اِنْ وَّهَبَتْ نَفْسَهَا لِلنَّبِيِّ اِنْ اَرَادَ النَّبِيُّ اَنْ يَّسْتَنْكِحَهَا خَالِصَةً لَّكَ مِنْ دُوْنِ الْمُؤْمِنِيْنَۗ قَدْ عَلِمْنَا مَا فَرَضْنَا عَلَيْهِمْ فِيْٓ اَزْوَاجِهِمْ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ لِكَيْلَا يَكُوْنَ عَلَيْكَ حَرَجٌۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
Wahai Nabi! Sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu istri-istrimu yang telah engkau berikan maskawinnya dan hamba sahaya yang engkau miliki, termasuk apa yang engkau peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersamamu, dan perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi ingin menikahinya, sebagai kekhususan bagimu, bukan untuk semua orang mukmin. Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang istri-istri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki agar tidak menjadi kesempitan bagimu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Ahzab ayat 50)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement