Kamis 27 Apr 2023 10:46 WIB

Ekonomi GCC Diprediksi Melambat Akibat Turunnya Pendapatan dari Minyak

Keputusan OPEC+ kurangi produksi memberatkan blok penghasil minyak.

Red: Fuji Pratiwi
 Orang-orang mengunjungi lokasi EXPO selama hari pertama EXPO 2020 Dubai di emirat Teluk Dubai, Uni Emirat Arab pada 01 Oktober 2021 (ilustrasi). Perekonomian Dewan Kerjasama Teluk (GCC) akan tumbuh pada kecepatan yang jauh lebih lambat pada 2023 dibandingkan tahun lalu.
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Orang-orang mengunjungi lokasi EXPO selama hari pertama EXPO 2020 Dubai di emirat Teluk Dubai, Uni Emirat Arab pada 01 Oktober 2021 (ilustrasi). Perekonomian Dewan Kerjasama Teluk (GCC) akan tumbuh pada kecepatan yang jauh lebih lambat pada 2023 dibandingkan tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGALURU -- Perekonomian Dewan Kerjasama Teluk (GCC) akan tumbuh pada kecepatan yang jauh lebih lambat pada 2023 dibandingkan tahun lalu. Menurut jajak pendapat Reuters, melambatnya ekonomi UEA karena ekspektasi kenaikan harga minyak mentah dan pengurangan produksi minyak berdampak pada pendapatan.

Harga minyak telah melonjak hampir 20 persen sejak mencapai level terendah tahun ini sekitar 70 dolar AS per barel pada 20 Maret. Sebagian besar dikarenakan keputusan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC+) untuk mengurangi produksi minyak sekitar 1,16 juta barel per hari dan pembukaan kembali China. Tetapi kenaikan lebih lanjut sebagian besar akan tertahan selama beberapa bulan mendatang karena permintaan global yang lebih lambat. Hal tersebut bukan kabar baik untuk blok yang sangat bergantung pada minyak.

Baca Juga

Arab Saudi, produsen minyak terbesar dunia, akan tumbuh 3,2 persen tahun ini, kurang dari setengah laju tertinggi dekade 2022 sebesar 8,7 persen, menurut jajak pendapat Reuters 6-25 April terhadap 16 ekonom. Tingkat pertumbuhan diharapkan sama tahun depan.

"Pengurangan produksi minyak akan mendorong penurunan tajam dalam pertumbuhan PDB di Arab Saudi tahun ini. Di negara-negara Teluk lainnya, pukulan ganda dari produksi minyak yang lebih rendah dan harga minyak akan berdampak pada PDB minyak dan non-minyak," kata Ekonom Pasar Berkembang di Capital Economics James Swanston dilansir Zawya, Rabu (26/4/2023).

Uni Emirat Arab (UEA), ekonomi terbesar kedua di antara anggota GCC, akan tumbuh 3,7 persen pada 2023 dan 4,0 persen tahun depan, jauh lebih rendah dari 7,6 persen tahun lalu.

Baik Qatar dan Bahrain diperkirakan akan tumbuh lebih lambat sebesar 2,7 persen tahun ini. Sementara Oman terlihat tumbuh 2,6 persen pada 2023, pertumbuhan ekonomi Kuwait diperkirakan jauh lebih lambat dari 1,5 persen.

Pertumbuhan di sebagian besar ekonomi utama juga diperkirakan akan melambat tahun ini karena ancaman ganda kenaikan suku bunga yang agresif merembes ke dalam aktivitas ekonomi dan inflasi yang terus-menerus tinggi memengaruhi permintaan konsumen. Tetapi prospek inflasi untuk negara-negara Teluk lebih teredam dibandingkan dengan apa yang diharapkan di banyak ekonomi besar. Inflasi di GCC diperkirakan antara 2,1 persen dan 3,3 persen tahun ini dan turun lebih rendah pada 2024.

Sebagian besar ekonomi GCC masih diperkirakan akan menikmati surplus neraca berjalan dua digit pada 2023 meskipun ada kekhawatiran tentang produksi minyak yang lebih lambat, dengan hanya Oman dan Bahrain yang diprediksi mencatat surplus dalam satu digit. Negara-negara di blok tersebut telah menunjukkan niat untuk mengurangi ketergantungan mereka pada bahan bakar fosil - sumber pendapatan utama mereka - saat dunia bertransisi menuju energi hijau. 

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pendapatan non-minyak, negara-negara seperti Arab Saudi, UEA, dan Qatar telah menyelenggarakan acara dan pameran olahraga besar. Mereka pun mulai membangun proyek infrastruktur besar untuk menarik wisatawan.

"Pendapatan pariwisata kemungkinan akan melampaui pertumbuhan PDB pada 2023," kata Ralf Wiegert dari S&P Global Market Intelligence.

"Arab Saudi akan terus berinvestasi secara besar-besaran ke dalam proyek-proyek yang terkait dengan Visi 2030, menjaga agar anggaran tetap seimbang; pada akhirnya, dengan harga minyak yang tidak naik lagi, kami melihat defisit (fiskal) sedang muncul pada 2024 dan 2025," kata dia menambahkan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement