Jumat 28 Apr 2023 20:54 WIB

Sering Terbangun dari Tidur di Malam Hari, Apa yang Harus Dilakukan?

Ahli tidur berikan solusi terkait kebiasaan terbangun dari tidur di malam hari.

Red: Nora Azizah
Ada kecenderungan orang-orang yang terbangun dari tidur di malam hari.
Foto: ww.freepik.com
Ada kecenderungan orang-orang yang terbangun dari tidur di malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang perempuan ahli psikologi klinis dari Sleep Disorder Centre di Guy's Hospital NHS Foundation Trust, Dr Maja Schaedel, mengungkapkan bahwa salah satu pertanyaan paling memusingkan yang kerap ia terima adalah mengenai kecenderungan orang-orang yang terbangun dari tidur di malam hari. "Banyak pertanyaan 'Apa yang harus saya lakukan saat terbangun dari tidur di malam hari?'," kata Schaedel seperti disiarkan The Independent, Jumat (28/4/2023).

Schaedel yang juga salah seorang pendiri The Good Sleep Clinic mengatakan bahwa terbangun dari tidur di malam hari amat mungkin disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya, gerakan dari kaki yang gelisah atau entakan ringan anggota tubuh lainnya.

Baca Juga

"Bisa pula karena gangguan pernapasan saat tidur, atau kecenderungan untuk buang air kecil yang menjadi lebih sering seiring bertambahnya usia," kata Schaedel.

Mencermati hal tersebut, lanjut Schaedel, maka menjadi penting untuk mengetahui persis hal-hal terkait kesulitan fisik apa yang mungkin membuat tidur seseorang menjadi mudah terganggu.