Sabtu 29 Apr 2023 00:06 WIB

Daihatsu Langgar Prosedur Tes Tubrukan Samping Toyota Yaris

CEO Toyota Akio Toyoda meminta maaf atas pelanggaran tersebut.

Red: Firkah fansuri
Logo Daihatsu Motors dan Toyota Motor ditampilkan di Tokyo Motor Show ke-45 di Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2017.
Foto: Reuters
Logo Daihatsu Motors dan Toyota Motor ditampilkan di Tokyo Motor Show ke-45 di Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2017.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO– Pembuat mobil Jepang Daihatsu Motor Co Ltd pada hari Jumat mengaku melanggar prosedur uji tabrakan samping untuk beberapa model yang dibuatnya untuk perusahaan induk Toyota Motor Corp, dengan mengatakan akan menyelidiki masalah tersebut untuk mengetahui apa yang terjadi.

“Daihatsu mencurangi bagian pintu dalam tes keselamatan tabrakan samping yang dilakukan untuk sekitar 88.000 mobil merek Yaris Ativ dan Perodua Axias, yang sebagian besar dijual dengan merek Toyota,” kata perusahaan itu pada hari Jumat (28/4/2023).

Baca Juga

Mereka mengatakan trim pintu pada kendaraan yang terkena dampak telah dimodifikasi dengan "takik" untuk meminimalkan risiko dalam pengujian bahwa bagian dalam pintu dapat pecah dengan ujung yang tajam dan menyebabkan cedera pada penumpang saat kantung udara samping terbuka saat terjadi kecelakaan. Modifikasi untuk pengujian bukan bagian dari kendaraan produksi, kata perusahaan itu.

CEO Toyota Akio Toyoda mengatakan perusahaan sedang menyelidiki bagaimana panel samping Yaris dan model lainnya telah diubah untuk pengujian keselamatan dan meminta maaf atas apa yang disebutnya sebagai pelanggaran kepercayaan konsumen yang "tidak dapat diterima".