Sabtu 29 Apr 2023 13:44 WIB

Film Peter Pan & Wendy Memuat Adegan Kekerasan, Bolehkah Ditonton Anak-Anak?

Film ini mendapat rating PG karena mengandung unsur kekerasan dan bahaya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Poster film live-action Peter Pan & Wendy. Film ini memiliki rating Parental Guide yang artinya anak-anak harus mendapat bimbingan orang tua ketika menontonnya.
Foto: Disney
Poster film live-action Peter Pan & Wendy. Film ini memiliki rating Parental Guide yang artinya anak-anak harus mendapat bimbingan orang tua ketika menontonnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Film live-action baru Disney Peter Pan & Wendy tidak memiliki rating General (G) untuk segala usia, melainkan Parental Guidance (PG) yang membutuhkan bimbingan orang tua bagi anak -anak yang menontonnya. Film ini adalah remake live-action terbaru oleh Disney, yang mengulang Peter & Wendy karya JM Barrie yang awalnya merupakan drama.

Film ini juga terinspirasi oleh adaptasi karya Barrie tahun 1953 milik Disney, Peter Pan. Seperti kebanyakan film Walt Disney Animation Studios, Peter Pan yang asli diberi peringkat G.

Baca Juga

Disney remake live-action, cenderung mendapatkan peringkat yang lebih dewasa dibandingkan konten animasi mereka. Misalnya, remake Mulan 2020 dan Cruella 2021 sama-sama diberi peringkat PG-13, begitu pula Pinocchio live-action yang baru rilis.

Peringkat PG berarti beberapa bahan mungkin tidak cocok untuk anak-anak. Menurut Motion Picture Association of America, Peter Pan & Wendy diberi peringkat PG untuk elemen kekerasan, bahaya, dan tematik. Namun, apakah cocok untuk anak-anak?

Ditulis Screenrant pada Sabtu (29/4/2023), Peter Pan & Wendy mungkin terlalu menakutkan untuk anak-anak yang masih sangat kecil, tetapi sebagian besar remaja dapat menangani tema dan kekerasan yang lebih dewasa. Film ini hampir tidak memiliki darah, meskipun ada banyak adegan perkelahian antara Lost Boys dan para perompak.

Kapten Hook menjadi orang dewasa yang mengancam akan membunuh Peter Pan, seorang anak kecil. Adegan yang dikhawatirkan bisa menyusahkan beberapa anak. Beberapa kekerasan diperbesar-besarkan untuk efek komedi kartun, seperti di film animasi dan tidak ada darah kental.

Peter Pan & Wendy masih lebih gelap, dan sedikit lebih dewasa dari Peter Pan asli Disney. Elemen paling kejam dan paling menakutkan dari film ini adalah buaya, yang jauh lebih besar dan lebih menakutkan dibandingkan versi animasinya. Banyak yang ditampilkan dalam adegan Skull Rock.

Beberapa perompak lain jatuh ke air di sekitar buaya, menyiratkan bahwa mereka mungkin juga akan dimakan. Peter, Wendy, dan the Lost Boys berhasil lolos dari buaya.

Tidak semua elemen menakutkan dan dewasa dari Peter Pan & Wendy adalah kekerasan. Peter Pan & Wendy menghadirkan tema tumbuh dewasa, sesuatu yang mungkin benar-benar mengejutkan orang dewasa dengan cara yang lebih emosional daripada anak-anak. Namun, pelajaran dari Peter Pan & Wendy tentang bagaimana tumbuh dewasa bukanlah hal yang buruk, bisa baik untuk didengar anak-anak. Anak-anak yang belum cukup dewasa untuk memahami pelajaran mungkin masih menikmati kejar-kejaran melalui Neverland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement