Ahad 30 Apr 2023 17:48 WIB

Gandeng Serikat Buruh, Kadin Luncurkan Platform Pelatihan Digital

Peluncuran itu disaksikan oleh ratusan perwakilan buruh.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pelatihan digital (ilustrasi). Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid bersama Pijar Foundation meluncurkan platform Kadin for Naker pada Ahad (30/4/2023).
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Pelatihan digital (ilustrasi). Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid bersama Pijar Foundation meluncurkan platform Kadin for Naker pada Ahad (30/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid bersama Pijar Foundation meluncurkan platform Kadin for Naker pada Ahad (30/4/2023). Peluncuran itu disaksikan oleh ratusan perwakilan buruh.

Arsjad menekankan, revolusi industri 4.0 yang dipenuhi oleh teknologi digital dan otomatisasi dapat memajukan industri. Meski demikian, hal itu  juga berpotensi membuat disrupsi lainnya yaitu penggantian sumber daya manusia oleh teknologi yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi.

Baca Juga

“Jadi ada dua hal, bagaimana kita perlu meningkatkan skill bagi para buruh atau tenaga kerja di era industri 4.0. Juga penambahan keterampilan apabila sumber daya manusia harus digantikan oleh teknologi digital dan otomatisasi,” tuturnya dalam keterangan resmi, Ahad (30/4/2023).

Menghadapi itu, kata dia, Kadin Indonesia membuat sebuah platform pelatihan digital khusus bagi tenaga kerja kerah biru bernama Kadin for Naker. Platform digital ini merupakan kolaborasi antara Kadin Indonesia dengan Konfederasi Serikat Buruh atau pekerja dan didukung oleh Pijar Foundation. Platform pelatihan digital tersebut bertujuan memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan yang dapat diakses oleh seluruh tenaga kerja di Indonesia dari berbagai sektor dan industri.