Selasa 02 May 2023 18:07 WIB

Sulit Bicara dengan Pasien Demensia, Ikuti Tujuh Tips dari Ahli Ini

Kemampuan berbahasa dan bicara pasien demensia bisa menurun secara progresif.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Demensia (ilustrasi). Setidaknya tujuh kiat cara berkomunikasi dengan pasien demensia yang direkomendasikan para ahli.
Foto: Piqsels
Demensia (ilustrasi). Setidaknya tujuh kiat cara berkomunikasi dengan pasien demensia yang direkomendasikan para ahli.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Demensia merupakan kondisi yang tak hanya dapat memengaruhi pasien, tetapi juga orang-orang di sekelilingnya. Pengaruh ini bisa menyentuh berbagai aspek, termasuk jalinan komunikasi yang terjadi antara pasien demensia dan orang-orang di dekatnya.

Kemampuan berbahasa dan bicara pasien demensia bisa menurun secara progresif. Demensia juga dapat mengubah kepribadian atau sikap penderitanya. Beragam perubahan ini kerap menjadi tantangan bagi orang-orang untuk bisa berkomunikasi dengan pasien demensia.

Baca Juga

Anggota keluarga yang menjadi pengasuh utama atau primary caregiver pasien demensia mungkin akan menjadi pihak yang paling merasakan dampak dari kesulitan berkomunikasi ini. Kesulitan ini bahkan bisa membawa dampak psikologis yang signifikan bagi pengasuh.

"Pengasuh keluarga utama dari pasien demensia mengalami rasa terisolasi secara sosial, stres mental yang tinggi, dan sering kali depresi," jelas associate professor Jung Ah Lee PhD RN dari Sue & Bill Gross School of Nursing, University of California, seperti dilansir laman Best Life, Selasa (2/5/2023).