Selasa 02 May 2023 20:54 WIB

Sam Allardyce Terima Tawaran Latih Leeds dengan Kontrak Jangka Pendek

Sam Allardyce akan menggantikan posisi Javi Garcia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Sam Allardyce calon pengganti pelatih Leeds United.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL EDITORIAL USE ONLY.
Sam Allardyce calon pengganti pelatih Leeds United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sam Allardyce dikabarkan telah menerima tawaran untuk melatih Leeds United dengan kontrak jangka pendek hingga akhir musim ini. Sosok yang sempat diangkat menjadi pelatih Inggris ini memiliki rekam jejak luar biasa dalam membantu tim-tim bertahan di divisi utama.

Allardyce dalam posisi untuk menggantikan Javi Gracia di Elland Road pada Rabu dan akan berada di ruang ganti saat klub Yorkshire itu menghadapi Manchester City akhir pekan ini.

Baca Juga

Gracia baru saja ditunjuk oleh Leeds untuk menggantikan Jesse Marsch pada Februari lalu. Namun posisinya tidak dapat dipertahankan setelah kekalahan telak dari Bournemouth 1-4, yang membuat the Whites semakin dekat dengan kemungkinan kembali ke Divisi Championship pada akhir musim. 

Pelatih asal Spanyol itu mengucapkan selamat tinggal kepada para pemain dan stafnya pada Selasa pagi. Sementara direktur olahraga Leeds Victor Orta juga diperkirakan akan meninggalkan klub sebagai bagian dari perombakan yang lebih luas dalam beberapa hari mendatang.

Allardyce dengan cepat menjadi kandidat pilihan pertama untuk menggantikan Gracia dalam jangka pendek. Ia telah menyetujui kesepakatan untuk menangani Leeds untuk empat pertandingan terakhir di Liga Primer, menurut Daily Mail, Selasa (2/5/2023). Dikatakan bahwa Allardyce diperkirakan akan mulai bekerja pada hari Rabu dan akan memimpin pertandingan pertamanya bersama Leeds melawan Manchester City di Stadion Etihad pada Ahad.

Pelatih berusia 68 tahun ini telah mendapatkan reputasi sebagai seorang spesialis bertahan hidup selama bertahun-tahun dan para petinggi Leeds akan sangat berharap bahwa ia dapat melakukan keajaibannya untuk membantu mereka mempertahankan status mereka di Liga Primer sebelum musim depan. 

Dia menentang peluang untuk mempertahankan Sunderland dan Crystal Palace pada tahun 2016 dan 2017, meskipun tugas terakhirnya di divisi utama berakhir dengan kegagalan saat dia tidak dapat menghindari degradasi dengan West Bromwich Albion pada tahun 2021.

Masih harus dilihat apakah kedatangan Allardyce di Leeds akan memberikan dampak yang diinginkan pada harapan mereka untuk bertahan hidup, dengan tim asal Yorkshire ini akan menghadapi Manchester City, Newcastle, West Ham, dan Tottenham dalam pertandingan yang tersisa di antara saat ini dan akhir musim. 

Dia berbagi rahasia di balik pendekatannya untuk menjaga tim tetap bertahan saat tampil di Monday Night Football pada tahun 2017, di mana dia bersikeras bahwa membangun pertahanan yang kuat adalah hal yang paling penting untuk dilakukan untuk memastikan kelangsungan hidup.

"Hanya butuh satu gol untuk memenangkan pertandingan," kata Allardyce. "Clean sheet memberikan Anda landasan untuk meraih kesuksesan dalam satu musim. Anda tidak bisa selalu mencetak dua atau tiga gol. Crystal Palace hanya mencatatkan satu clean sheet dalam 17 pertandingan Liga Primer saat saya tiba di sana musim lalu, yang berarti minimal dua gol untuk memenangkan pertandingan."

"Kami sangat membutuhkan tiga poin. Hal itu tidak langsung terjadi, bahkan butuh enam pertandingan sebelum saya mencatatkan clean sheet di Bournemouth. Itu adalah hari terakhir bursa transfer dan masuknya para pemain baru membuat perbedaan besar di lini pertahanan."

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement