Selasa 02 May 2023 21:54 WIB

Tiga Contoh Ayat Alquran dengan Keindahan Gaya Bahasa

Alquran sarat dengan keindahan bahasa.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Contoh Ayat Alquran dengan Keindahan Gaya Bahasa. Foto: Alquran
Foto: Republika.co.id
Tiga Contoh Ayat Alquran dengan Keindahan Gaya Bahasa. Foto: Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Alquran sarat dengan keindahan bahasa. Gaya bahasa yang ada di dalamnya sangat dinamis, sehingga tak lekang oleh waktu dan selaras dengan setiap perkembangan zaman.

Salah satu gaya untuk memperindah bahasa adalah metafora. Gaya bahasa metafora adalah untuk menyatakan sesuatu dengan kias perwujudan. Manusia dengan segala impiannya, membawa mereka untuk tidak terpaku dalam alam pikiran yang salah.

Baca Juga

Manusia bisa terbang di udara, dalam khayalan. Dan mungkin ada dunia lain yang dapat memungkinkannya. Seperti kata ‘impian’, yang diberi arti kiasan sebagai dunia yang lebih baik, dunia yang manusia inginkan.

Dunia manusia kita adalah salah satu dari dunia-dunia mungkin (Aart van Zoest: 1991). Metafora sederhana dapat mengingatkan kembali bahwa di ujung sana ada dunia mungkin yang lain selain dunia kita. Jika dunia kita terlalu tandus, dangkal, sudah tentu kita akan menggapai metafora. Seperti yang ada dalam karya sastra, dan juga kitab suci Alquran yang penuh keindahan gaya bahasa.