Rabu 03 May 2023 22:06 WIB

Lion Air: Sejumlah Penerbangan dari Palembang Alami Keterlambatan

Penyebab keterlambatan penerbangan tak hanya karena cuaca, tapi juga faktor lainnya.

Red: Qommarria Rostanti
Pesawat Lion Air (ilustrasi). Sejumlah penerbangan di bawah Lion Air Group dari Palembang mengalami keterlambatan.
Foto: AP/Nicole Evatt
Pesawat Lion Air (ilustrasi). Sejumlah penerbangan di bawah Lion Air Group dari Palembang mengalami keterlambatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Lion Air Group menyebutkan sejumlah penerbangan maskapai ini yang merupakan keberangkatan berasal dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Kota Palembang, Sumatra Selatan, mengalami keterlambatan. Penyebabnya, cuaca buruk dan faktor-faktor lainnya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Rabu (3/5/2023), mengatakan penerbangan yang mengalami keterlambatan tersebut masing-masing satu penerbangan rute menuju Bandara Internasional Juanda (Surabaya), Bandara Internasional Hang Nadim (Batam), dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (Cengkareng Tangerang). Dia menjelaskan, faktor keterlambatan keberangkatan rute penerbangan Palembang-Surabaya itu disebabkan dampak cuaca kurang baik di Tanjung Pandan, Bangka Belitung, yang memengaruhi operasional penerbangan.

Baca Juga

Pesawat yang melayani rute Pangkalpinang ke Tanjung Pandan harus kembali ke Pangkalpinang, karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk pendaratan dengan jarak pandang pendek. Hal itu menyebabkan terganggunya rotasi pesawat dan keterlambatan rute Pangkalpinang-Tanjung Pandan-Pangkalpinang-Palembang-Surabaya.

Sementara itu, pada rute penerbangan Palembang-Jakarta dikarenakan adanya pemeriksaan atau perawatan tambahan yang dilakukan pada pesawat secara tidak terjadwal dilakukan di Jakarta dan Pangkalpinang. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya memastikan bahwa pesawat selalu dalam kondisi baik dan siap terbang dengan aman, dan itu membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Lalu, untuk rute penerbangan Palembang-Batam itu disebabkan penerbangan dari Pangkalpinang dan Batam menuju Palembang terlambat tiba. Alhasil, pesawat yang sudah ada di Palembang harus menunggu beberapa penumpang yang melakukan transit.

Pihaknya sudah menyampaikan penjelasan dan kejelasan kepada seluruh penumpang sesuai perkembangan operasional kepada mereka yang terkena dampak dari hal tersebut. "Kami juga sudah memberikan kompensasi berdasarkan ketentuan yang berlaku, sebagai bagian memastikan setiap penumpang mendapatkan perhatian secara tepat," ujarnya pula.

"Lion Air melakukan evaluasi menyeluruh atas keterlambatan penerbangan dan mengambil tindakan yang tepat dalam meminimalisir terjadinya kejadian serupa", kata Danang.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاۤءَ لِلّٰهِ وَلَوْ عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ ۚ اِنْ يَّكُنْ غَنِيًّا اَوْ فَقِيْرًا فَاللّٰهُ اَوْلٰى بِهِمَاۗ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوٰٓى اَنْ تَعْدِلُوْا ۚ وَاِنْ تَلْوٗٓا اَوْ تُعْرِضُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka ketahuilah Allah Mahateliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Nisa' ayat 135)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement