Jumat 05 May 2023 09:40 WIB

Mobil Listrik China Bisa dengan Mudah Masuk Amerika Serikat?

Saat mobil listrik China mendominasi, merek mobil China apa yang bisa masuk AS.

Red: Firkah fansuri
Merek-merek mobil listrik China.
Foto: Autoweek.com
Merek-merek mobil listrik China.

REPUBLIKA.CO.ID,Berjalan-jalan di pameran mobil Shanghai yang luas bulan lalu seperti melewati dimensi paralel bagi siapa pun yang terbiasa dengan lanskap otomotif Amerika Serikat (AS). Sebagian besar pembuat mobil premium dan mewah global memang hadir, mencoba menarik minat konsumen China yang kaya pada produk mereka. 

Namun, banyak dari peserta pameran yang benar-benar baru, stan yang dikemas dengan mobil asing dari merek asing. Anda mungkin pernah mendengar tentang pembuat mobil China yang lebih terkenal, seperti Geely, Great Wall, Nio, dan BYD—kependekan terakhir dari "Build Your Dreams". Tapi apa Aito, HiPhi, Lixiang, Ora, atau Zeekr? Semua menjadi pemain utama di pasar rumah mereka.

Baca Juga

Banyak dari merek China baru yang hanya memproduksi mobil listrik (EV), didirikan untuk mencoba dan memuaskan selera Republik Rakyat yang tampaknya tak terpuaskan akan model listrik yang ada sebelum ini. Tahun lalu pasar di China hampir enam juta EV, 60 persen dari total produksi global. 

Angka tahun ini sudah meningkat, dengan BYD sekarang menjadi pabrikan terbesar kedua di dunia, hanya di belakang Tesla. Pada kuartal pertama tahun ini BYD menjual 260 ribu mobil listrik, lebih dari dua kali lipat angka untuk periode yang sama tahun 2022.