Ahad 07 May 2023 17:28 WIB

Italia Bakal Gelar Rapat Krisis Kenaikan Harga Pasta

Harga produksi spageti dan produk pasta lainnya naik meski harga gandum turun.

Rep: Lintar Satria/ Red: Reiny Dwinanda
Merebus pasta (ilustrasi). Harga pasta di Italia naik lebih dari dua kali lipat dari rata-rata inflasi nasional.
Foto: www.freepik.com
Merebus pasta (ilustrasi). Harga pasta di Italia naik lebih dari dua kali lipat dari rata-rata inflasi nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Menteri Perindustrian Italia Adolfo Urso akan menggelar rapat krisis harga pasta. Harga makanan pokok Italia itu naik lebih dari dua kali lipat dari rata-rata inflasi nasional.

Kementerian Perindustrian Italia mengatakan harga produksi spageti dan produk pasta lainnya pada bulan Maret naik 17,5 persen dari periode yang sama tahun lalu meski harga gandum turun. Pada Maret, harga konsumen Italia-Uni Eropa yang diselaraskan naik 8,1 persen.

Baca Juga

Pada Ahad (7/5/2023), Kementerian Perindustrian Italia mengatakan rapat krisis pada 11 Mei akan dipimpin lembaga pengawas yang ditunjuk pemerintah. Kementerian menyebut pertemuan itu menjadi rapat pertama komite baru yang dibentuk untuk mengawasi pergerakan harga yang tidak biasa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ صَدَقَكُمُ اللّٰهُ وَعْدَهٗٓ اِذْ تَحُسُّوْنَهُمْ بِاِذْنِهٖ ۚ حَتّٰىٓ اِذَا فَشِلْتُمْ وَتَنَازَعْتُمْ فِى الْاَمْرِ وَعَصَيْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَآ اَرٰىكُمْ مَّا تُحِبُّوْنَ ۗ مِنْكُمْ مَّنْ يُّرِيْدُ الدُّنْيَا وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرِيْدُ الْاٰخِرَةَ ۚ ثُمَّ صَرَفَكُمْ عَنْهُمْ لِيَبْتَلِيَكُمْ ۚ وَلَقَدْ عَفَا عَنْكُمْ ۗ وَاللّٰهُ ذُوْ فَضْلٍ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ
Dan sungguh, Allah telah memenuhi janji-Nya kepadamu, ketika kamu membunuh mereka dengan izin-Nya sampai pada saat kamu lemah dan berselisih dalam urusan itu dan mengabaikan perintah Rasul setelah Allah memperlihatkan kepadamu apa yang kamu sukai. Di antara kamu ada orang yang menghendaki dunia dan di antara kamu ada (pula) orang yang menghendaki akhirat. Kemudian Allah memalingkan kamu dari mereka untuk mengujimu, tetapi Dia benar-benar telah memaafkan kamu. Dan Allah mempunyai karunia (yang diberikan) kepada orang-orang mukmin.

(QS. Ali 'Imran ayat 152)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement