Senin 08 May 2023 14:55 WIB

Panji Gumilang Kembali Nyeleneh Ajak Jamaahnya Salam Ala Yahudi, Ini Respons Aktivis

Panji Gumilang tampil kembali dengan sejumlah kontroversinya

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Zaytun, Panji Gumilang. Panji Gumilang tampil kembali dengan sejumlah kontroversinya
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Zaytun, Panji Gumilang. Panji Gumilang tampil kembali dengan sejumlah kontroversinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktivis kemanusiaan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina, Muhammad Husein Gaza, mengkritik Pondok Pesantren Al Zaytun yang melantunkan lagu "Havenu Shalom Aleichem", yakni lagu yang isinya memuat salam orang-orang Yahudi. 

Lagu "Havenu Shalom Aleichem" pernah dinyanyikan pengurus dan santri Al Zaytun di dalam masjid yang berada di area Ma'had Al Zaytun di Indramayu.  

Baca Juga

"Saya kaget di video yang saya lihat itu pimpinan Ponpes Al Zaytun Pak Panji Gumilang dia mengajak ratusan jamaah yang hadir di dalam masjid area ponpes itu, bersama-sama melantunkan salam yang ngga biasa. Bukan cuma cara penyampaiannya yang ngga biasa, tapi juga salamnya itu bukan salam yang biasa kita ucapkan, tetapi salamnya orang-orang Yahudi Israel. Salam orang Yahudi Israel yang biasa dinyanyikan oleh orang Yahudi, namanya itu 'Havenu Shalom Aleichem'," kata M Husein Gaza dalam kanal Youtube resminya Muhammad Husein Gaza yang diunggah pada Senin (8/5/2023). 

Dalam kanal Youtube-nya itu Muhammad Husen Gaza memutar ulang cuplikan lagu "Havenu Shalom Aleichem" yang dilantunkan di Ma'had Al Zaytun yang diketahui terjadi pada peringatan awal tahun 1444 Hijriyah.