Senin 08 May 2023 18:08 WIB

Ini Salah Satu Penyebab Sulitnya Ucapkan Kalimat Tauhid Saat Sakaratul Maut

Sakaratul maut akan dihadapi setiap orang dengan tingkat kepedihan berbeda

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Sakaratul maut akan dihadapi setiap orang dengan tingkat kepedihan berbeda.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sakaratul maut akan dihadapi setiap orang dengan tingkat kepedihan berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Orang-orang yang ketika hidupnya disibukkan dengan urusan dunia hingga lupa mengingat Allah SWT, maka kelak ketika sakaratul maut akan mendapatkan kesulitan mengucapkan lafal la ilaha illallah. Justru yang diucapkannya adalah perkataan-perkataan dalam urusan dunia sebagaimana sering diucapkannya dalam keseharian. 

Dalam kitab at-Tadzkirah, Imam Al-Qurthubi menukil sejumlah riwayat tentang orang-orang yang sulit sekali mengucapkan lafal la Illaha ilallah ketika akan meninggal. Mereka justru menyebut-nyebut hartanya, pekerjaannya, dan kesenangannya ketika masih hidup. 

Baca Juga

Misalnya saja Rabi' bin Syabrah bin Ma'bad Al Juhani yang bercerita bahwa dirinya menyaksikan seorang penduduk Syam yang ketika akan meninggal sulit untuk mengucap la ilaha illallah. Justru orang Syam itu berkali-kali berkata meminta minum arak.

Rupanya kebiasaan orang tersebut memang adalah peminum arak. Begitupun dengan penduduk Al Ahwas, yang ketika meninggal sulit membaca la ilaaha illallah. Dia justru menghitung-hitung dinarnya. Ternyata orang tersebut adalah pejabat keuangan yang sehari-harinya menghitung-hitung dinar namun lalai mengingat Allah SWT.