Rabu 10 May 2023 19:56 WIB

KBIHU Berkomitmen Sukseskan Penyelenggaraan Haji Ramah Lansia

Komitmen ini akan berdampak pada pendekatan pembelajaran manasik haji.

Red: Ani Nursalikah
Sejumlah calon jamaah haji mengikuti bimbingan materi manasik haji di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (9/5/2023). Kementerian Agama memperpanjang masa pelunasan biaya perjalanan ibadah Haji 1444 H hingga tanggal 12 Mei 2023 karena masih terdapat sejumlah calon jemaah haji yang belum melakukan pelunasan.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Sejumlah calon jamaah haji mengikuti bimbingan materi manasik haji di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (9/5/2023). Kementerian Agama memperpanjang masa pelunasan biaya perjalanan ibadah Haji 1444 H hingga tanggal 12 Mei 2023 karena masih terdapat sejumlah calon jemaah haji yang belum melakukan pelunasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) menegaskan komitmennya mendukung kebijakan Kementerian Agama, utamanya dalam menyukseskan penyelenggaraan haji ramah lansia.

Dukungan pelayanan KBIHU dalam pelaksanaan haji ramah lansia ini dituangkan dalam penandatangan komitmen bersama para Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Forum Komunikasi KBIHU seluruh provinsi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Baca Juga

"Alhamdulillah, hari ini FK KBIHU dari seluruh provinsi di Indonesia telah menegaskan komitmennya mendukung dan ikut menyukseskan haji ramah lansia," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief, Rabu (10/5/2023).

Hilman mengatakan tahun ini Kemenag mengusung tagline "Haji Ramah Lansia". Ada lebih dari 67 ribu calon haji yang berusia 65 tahun ke atas. Jumlah ini berkisar 30 persen dari total kuota haji reguler Indonesia yang mencapai 203.320 orang.

Jumlah lansia tersebut akan bertambah seiring adanya 8.000 tambahan kuota yang ditawarkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kepada Indonesia. "Peran KBIHU sangat penting. Sebab, mereka berada pada garda terdepan dalam pembinaan manasik jamaah haji, termasuk jamaah haji lansia," kata dia.

Hal senada disampaikan oleh Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat. Ia mengatakan komitmen ini menunjukkan kesamaan persepsi antara Kemenag dan KBIHU.

Menurut dia, komitmen bersama ini penting karena akan berdampak pada pendekatan pembelajaran manasik haji. "Jamaah di Pulau Jawa akan mendapat delapan kali manasik sedangkan di luar Pulau Jawa mendapat 10 kali manasik. Jadi, penandatanganan komitmen pada hari ini sangat penting agar proses manasik ke depan didesain dalam semangat menyukseskan haji ramah lansia," kata dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

(QS. Al-Baqarah ayat 286)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement