Kamis 11 May 2023 16:17 WIB

Jokowi Luncurkan Promosi Pariwisata Indonesia-Malaysia-Thailand

Ketiga negara harus bergerak cepat memanfaatkan peluang pemulihan pariwisata.

Usai rangkaian pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana mengajak para pemimpin ASEAN beserta pendampingnya menikmati keindahan Nusa Tenggara Timur pada Rabu (10/5/2023). Jokowi meluncurkan promosi pariwisata Indonesia, Malaysia, dan Thailand seiring pulihnya pariwisata dunia.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Usai rangkaian pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana mengajak para pemimpin ASEAN beserta pendampingnya menikmati keindahan Nusa Tenggara Timur pada Rabu (10/5/2023). Jokowi meluncurkan promosi pariwisata Indonesia, Malaysia, dan Thailand seiring pulihnya pariwisata dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Visit Year 2023-2025 resmi diluncurkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-15 kerja sama ekonomi subregional tersebut di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/5/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan, pandemi telah mengacaukan sektor pariwisata dunia yang bahkan menurunkan sektor pariwisata Indonesia-Malaysia-Thailand sampai lebih dari 90 persen. "Alhamdulillah, sejak tahun lalu, sektor pariwisata mulai bangkit kembali," kata Jokowi.

Baca Juga

Pergerakan wisatawan internasional mencapai lebih dari 900 juta dan dipastikan akan terus tumbuh. Dia menilai Indonesia, Malaysia, Thailand harus bergerak cepat memanfaatkan peluang tersebut.

Jokowi menekankan tiga hal yang perlu menjadi fokus. Yaitu meningkatkan infrastruktur terutama konektivitas, memperkuat branding yang inovatif, dan mengembangkan digital tourism untuk meningkatkan pelayanan.

"Ini semua untuk memperkokoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan," kata Jokowi.

IMT-GT adalah kerangka kerja sama ekonomi yang dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan negara-negara IMT-GT.

Wilayah Indonesia yang menjadi bagiankerja sama IMT-GT adalah Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Utara dan Sumatra Barat. Kampanye IMT-GT Visit Year diluncurkan guna mendorong pemulihan pariwisata di beberapa daerah, serta untuk meningkatkan kesadaran tentang IMT-GT sebagai destinasi tunggal.

Bagi Indonesia, selaku Ketua IMT-GT Bidang Pariwisata, kampanye ini juga bermanfaat dalam mendorong pemulihan pariwisata dan pemasaran destinasi pariwisata, khususnya di sepuluh provinsi di Sumatra. Ini peluang bagi Indonesia untuk mempromosikan dua destinasi prioritas di Sumatera, yaitu Danau Toba di Sumatra Utara dan Tanjung Kelayang di Bangka Belitung. Kampanye ini juga menjadi salah satu upaya mempromosikan destinasi baru dan kurang dieksplorasi di Sumatra.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement