Jumat 12 May 2023 22:56 WIB

Sering Gagal Membuat Telur Mata Sapi? Coba Trik Simpel Ini

Telur mata sapi yang sempurna dihasilkan dari proses memasak yang penuh kelembutan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Telur mata sapi. Jangan gunakan minyak panas untuk menggoreng telur mata sapi agar tidak gosong dan keras.
Foto: Flickr
Telur mata sapi. Jangan gunakan minyak panas untuk menggoreng telur mata sapi agar tidak gosong dan keras.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat telur mata sapi memang terkesan mudah. Namun, ternyata itu tidak semudah yang kita pikirkan.

Sering kali, telur mata sapi gagal dibuat. Entah putih telurnya yang matang atau justru kuning telurnya yang pecah atau malah belum matang.

Baca Juga

Untuk menghasilkan telur mata sapi yang sempurna, Anda membutuhkan tentu saja telur lalu minyak atau mentega dan wajan dengan penutup. Jangan tergesa membuatnya.

"Telur harus diperlakukan dengan cinta dan kelembutan sehingga berkilau, lembut, dan cerah," ujar koki Mariam Shah yang berbasis di New York, Amerika Serikat, dikutip dari laman Huffington Post, Jumat (12/5/2023).

Kelembutan ini berlaku untuk setiap aspek memasak telur, termasuk panasnya. Lebih baik menggunakan suhu lebih rendah daripada menggunakan wajan yang terlalu panas.

"Metode menggoreng telur yang paling tidak saya sukai adalah dalam minyak panas yang ujung-ujungnya gosong dan renyah. Saya tidak tahu mengapa orang menyukai telur yang renyah dan kenyal!" ujar Syah.

Menurutn Syah, telur segar adalah pilihan terbaik. Telur segar membuat prosesnya lebih mudah.

"Ketika Anda memasak dengan telur segar, putihnya tetap dekat dengan kuning telur. Telurnya tidak menyebar ke seluruh penggorengan seperti kulit ikan yang lemas. Telurnya memiliki konsistensi yang sehat dan montok."

Cara membuat telur mata sapi

Kumpulkan bahan dan peralatan Anda. Pertama dan terpenting, Anda membutuhkan wajan kecil dengan tutup yang rapat.

Wajan kecil mencegah telur menyebar terlalu banyak. Anda bisa menggoreng satu atau dua telur sekaligus menggunakan wajan kecil.

Mentega adalah lemak yang bagus untuk membuat telur. Akan tetapi, Anda juga bisa berkreasi.

"Saya menggoreng telur dengan minyak zaitun yang sangat kuat. Kadang-kadang, saya akan menggunakan minyak zaitun yang telah diresapi dengan rempah-rempah atau bawang putih," ungkap Shah.

Garam dan merica adalah suatu keharusan. Shah lebih suka serpihan paprika merah.

"Silakan taburkan dengan apapun yang Anda suka."

Anda mungkin tidak membutuhkan spatula, tetapi siapkan satu dan juga pisau. Terakhir, siapkan beberapa sendok teh air di dekat Anda.

Setelah itu, panaskan wajan kecil di atas api. Saat wajan sudah hangat (tidak panas), tambahkan mentega. Lapisi wajan dengan mentega cair. Kecilkan api menjadi sedang.

Pecahkan telur langsung ke dalam wajan jika Anda merasa percaya diri. Namun, memecahkan terlebih dahulu akan memungkinkan Anda untuk menghindari memasak kuning telur yang pecah atau pecahan cangkang telur yang masuk ke wajan.

"Untuk memastikan tidak ada cairan putih yang encer, ambil pisau dan buat beberapa lubang di bagian putihnya. Itu memecahkan membran dan memasaknya sepenuhnya dengan sisa putihnya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement