Senin 15 May 2023 15:32 WIB

Mental Timnas U-22 Dipuji Jokowi, Ketum PSSI Erick Thohir Ucapkan Syukur

Erick menyebut para pemain menunjukkan karakter kuat untuk tampil sebagai pemenang.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyaksikan secara langsung pertandingan babak semifinal timnas Indonesia U-22 melawan Vietnam di National Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). Pada pertandingan itu, timnas Indonesia berhasil menundukkan Vietnam dengan skor 3-2.
Foto: Dok Republika
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyaksikan secara langsung pertandingan babak semifinal timnas Indonesia U-22 melawan Vietnam di National Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). Pada pertandingan itu, timnas Indonesia berhasil menundukkan Vietnam dengan skor 3-2.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Tim nasional (timnas) U-22 berhasil melaju ke babak final SEA Games 2023 seusai meraih kemenangan dramatis atas Vietnam di babak semifinal. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir yang menyaksikan langsung jalannya laga di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023), menyebut para pemain telah menunjukkan karakter kuat untuk tampil sebagai pemenang.

"Sebuah pertandingan itu memang ujung-ujungnya ya mental. Yang saya terharu kita bermain dengan 10 pemain, lalu kita kebobolan oleh diri kita sendiri dan pasti kalau perpanjangan waktu kita habis," ujar Erick pada Senin (15/5/2023).

Baca Juga

Erick mengatakan, kartu merah yang diterima Pratama Arhan pada menit 60 membuat para pemain Vietnam justru termotivasi mengejar ketinggalan. Indonesia sendiri telah unggul 2-1 berkat gol Komang Teguh pada menit ke-9 dan Muhammad Ferrari pada menit-53 yang dibalas satu gol Vietnam oleh Nguyen Van Tung pada menit ke-35.

Erick menyampaikan, keunggulan pemain dimanfaatkan Vietnam untuk terus menekan Indonesia. Hasilnya, Vietnam dapat menyamakan skor menjadi 2-2 lewat gol bunuh diri Bagas Kaffa pada menit ke-78.

"Tetapi, para pemain masih punya motivasi, masih mau counter attack dan mencetak gol, dan itu terjadi dua sampai tiga kali. Itu semangat yang luar biasa yang menghilangkan seluruh keletihan," ujar mantan presiden Inter Milan tersebut.

Erick memuji kecerdikan para pemain yang mampu mencetak gol lewat serangan balik yang dituntaskan Taufany Muslihuddin pada menit 90+5. Erick berpesan para pemain untuk tetap rendah hati dan fokus menatap laga penentuan dalam meraih emas melawan Thailand.

Erick tak lupa mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan doa masyarakat Indonesia, penggemar sepak bola yang menjadi bagian napas bersama dan menjadi perjuangan tersendiri untuk para pemain dan tim.

"Enggak usah ditanya lagi soal mental, sudah kelihatan mentalnya, itulah kita, bangsa kita harus punya mental begitu, apa pun yang terjadi, mesti fight, fight, fight," ujar Erick.

Perjuangan dramatis timnas U-22 juga mendapat perhatian dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jokowi memuji semangat juang Marselino dan kawan-kawan yang menunjukkan mental kuat untuk menjadi pemenang.

"Saya sangat mengapresiasi perolehan medali. Emas sudah mencapai 60, targetnya memang 60, tapi saya minta di atas 69. Semoga bisa terlampaui. Sepak bolanya bisa masuk final, meskipun hanya main 10 pemain, tapi masih bisa mengegolkan, itu yang mental pemenang di situ," kata Jokowi menjelaskan.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement