Rabu 17 May 2023 15:57 WIB

Menpora Dito Akui Prestasi Timnas U-22 tak Lepas dari Campur Tangan Zainudin Amali

Ini kolaborasi yang baik antara pemerintah dalam hal ini Kemenpora dengan PSSI.

Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) memberikan paparan didampingi Wakil Ketua Umum PSSI yang juga mantan Menpora RI, Zainudin Amali (kiri).
Foto: Republika/Prayogi.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) memberikan paparan didampingi Wakil Ketua Umum PSSI yang juga mantan Menpora RI, Zainudin Amali (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menyatakan bahwa prestasi timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 tidak lepas dari campur tangan menpora terdahulu yakni Zainudin Alami.

"Ya ini bagian apa yang ditinggalkan Pak Zainudin Amali (sebagai menpora sebelumnya). Jadi ini memang peninggalan yang bersejarah, dan saya hanya meneruskan dari senior saya," kata Dito Ariotedjo dalam keterangan resminya di Phnom Penh, Kamboja, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga

Mantan Ketua Umum AMPI ini menegaskan bahwa hal tersebut menunjukkan adanya kolaborasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah dalam hal ini Kemenpora dengan PSSI sebagai federasi olahraga sepak bola serta KONI dan KOI atau NOC Indonesia.

"Jadi ini saya rasa memang kolaborasi di antara Kemenpora, federasi (PSSI), dan juga KONI dan KOI. Ini kerja sama yang saya rasa bila ditingkatkan dan diteruskan Indonesia bisa menembus dunia lebih banyak," ujar Dito menjelaskan.

Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju ini mengaku sejak awal dirinya menjadi menpora sudah meyakini kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum Zainudin Amali, dan Ratu Tisha. Menurutnya, hasil medali emas SEA Games kali ini setelah penantian 32 tahun merupakan bukti omongannya waktu itu menjadi fakta.

"Sepak bola, pertama saya dilantik jadi menteri, saya sudah sampaikan, PSSI di tangan yang benar, Pak Erick dan Pak Zainudin Amali serta Ratu Tisha. Jadi ini hasil buktinya omongan saya bukan omongan klaim atau politis tapi fakta," pungkas Dito.

Timnas Indonesia U-22 menuntaskan dahaga gelar selama lebih dari tiga dekade setelah menghajar Thailand pada laga final SEA Games 2023 di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) dengan skor 5-2 melalui perpanjangan waktu. Terakhir Indonesia meraih emas pada SEA Games 1991 Manila.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement