Kamis 18 May 2023 14:53 WIB

Cara Jitu Cegah Disfungsi Ereksi

Banyak pria dinilai masih ragu dan malu untuk membicarakan kondisi organ reproduksi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penyakit pada sistem urologi pria sering terjadi, namun dapat dicegah dengan melakukan beberapa tindakan preventif./ilustrasi
Foto: Pixabay
Penyakit pada sistem urologi pria sering terjadi, namun dapat dicegah dengan melakukan beberapa tindakan preventif./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini banyak pria dinilai masih ragu dan malu untuk membicarakan kondisi kesehatan mereka terkait dengan organ reproduksi. Padahal, keberadaan dokter spesialis urologi dapat memberikan solusi serta perawatan yang tepat untuk penyakit tersebut.

"Urologi pada pria adalah salah satu bidang medis yang berfokus pada masalah yang terjadi di sistem kemih dan reproduksi pria. Hal ini mencakup berbagai macam penyakit dan kondisi kesehatan yang dapat terjadi pada organ-organ yang terlibat dalam sistem reproduksi pria," kata dokter spesialis urologi dan konsultan Andro Urologi, Endo Urologi RS Siloam ASRI, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Prof dr Ponco Birowo, Sp.U (K), PhD dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga

Penyakit pada sistem urologi pria sering terjadi, namun dapat dicegah dengan melakukan beberapa tindakan preventif. Berikut di antaranya:

1. Jika mengalami tanda-tanda awal gangguan kesehatan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter yang tepercaya.

2. Selain itu, menjaga pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal, melakukan olahraga teratur, menjaga bentuk badan tetap ideal, dan meninggalkan kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol berlebih dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada sistem urologi.

 

Untuk mencegah penyakit urologi pada pria, ada beberapa tis yang dapat diikuti.

1. Perbanyak minum air putih agar saluran kemih selalu dalam keadaan bersih.

2. Hindari merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan karena dapat merusak fungsi ginjal.

3. Menjaga kesehatan organ intim dan sistem kemih dengan memperhatikan kebersihan diri.

4. Hindari memakai celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat karena dapat menekan sistem reproduksi pria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement