Kamis 18 May 2023 17:24 WIB

Bashar al-Assad Diprediksi Curi Perhatian KTT Liga Arab

Bashar al-Assad pernah diasingkan oleh sebagian besar negara Arab.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Suriah Bashar al-Assad diperkirakan akan mencuri perhatian pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab di Arab Saudi pada Jumat (19/5/2023).
Foto: EPA-EFE/VLADIMIR GERDO/SPUTNIK/KREMLIN
Presiden Suriah Bashar al-Assad diperkirakan akan mencuri perhatian pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab di Arab Saudi pada Jumat (19/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Presiden Suriah Bashar al-Assad diperkirakan akan mencuri perhatian pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab di Arab Saudi pada Jumat (19/5/2023). Dia diprediksi akan bergaul dengan para pemimpin regional yang pernah berseberangan dengannya.

Assad pernah diasingkan oleh sebagian besar negara Arab setelah tindakan kerasnya terhadap protes pada 2011 dan perang saudara berikutnya. Dia akhirnya kembali ke Liga Arab dan menjadi sinyal bahwa isolasi negaranya yang dilanda perang telah berakhir.

Baca Juga

Arab Saudi, Qatar, dan lainnya selama bertahun-tahun mendukung pemberontak anti-Assad. Tetapi tentara Suriah, yang didukung oleh Iran, Rusia, dan kelompok paramiliter telah mendapatkan kembali kendali atas sebagian besar negara.

Sementara negara-negara Arab tampaknya membawa Assad dari kedinginan, mereka masih menuntut agar dia mengekang perdagangan obat bius Suriah yang berkembang pesat. Mereka juga menginginkan para pengungsi perang Suriah dapat kembali.