Kamis 18 May 2023 22:52 WIB

Waspadalah, Ini Ciri-Ciri Online Shop Bodong di Instagram

Penipu biasanya memiliki foto profil, logo dan feed yang alakadarnya.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Banyak akun online shop (olshop)  bodong di<a href= Instagram yang menipu para customernya. Foto : instagram" />
Banyak akun online shop (olshop) bodong di Instagram yang menipu para customernya. Foto : instagram

Kampus—Instagram adalah salah satu aplikasi popular dalam berbagi foto dan video secara gratis. Melalui fitur Instagram yakni Instagram Shopping pengguna bisa lebih mudah berbelanja barang kebutuhan sehar-hari. Namun nyatanya masih banyak akun online shop (olshop) bodong di Instagram yang tidak bertanggung jawab dan malah menipu para customernya.

Ahli IT Universitas Muhmmadiyah Surabaya (UM Surabaya) Taufiqur Rohman membagikan tips mengetahui ciri-ciri online shop bodong yang harus diwaspadai ketika berbelanja di Instagram. Menurut Taufiq, hal pertama adalah memperhatikan konten feed Instagram alakadarnya atau tidak. Ciri akun olshop bodong yang pertama ini paling mudah terlihat, yakni penipu biasanya memiliki foto profil, logo dan feed yang alakadarnya.

“Seperti contoh resolusi foto yang terlampau kecil, bahkan sampai pecah. Online shop yang real pastinya akan serius mengelola tokonya tentu akan menampilkan feed terbaik,” ujar Taufiq Rabu seperti dilansir laman um.ac.id, Rabu (17/5/2023).

Kedua, menurut Taufiq, perhatikan jumlah followers atau pengikut. Menurutnya, jika total followers pada akun online shop itu puluhan ribu atau jutaan, sementara like dan komen yang dihasilkan hanya belasan orang, tandanya akun online shop tersebut kemungkinan akun olshop bodong.

Ketiga, nama pengguna akun sering berubah. Akun olshop bodong yang sudah biasa menipu, biasanya rutin mengganti nama akun, erutama kalau nama akun sudah diganti lebih dari tiga kali, akun tersebut perlu diwaspadai.

“Supaya bisa tahu pergantian nama akun online shop, customer bisa berkunjung ke profil toko, kemudian sentuh pilihan tentang akun ini. Di dalamnya tersedia pilihan nama akun sebelumnya. Dari sini, customer bisa tahu nama pengguna apa saja yang pernah toko itu gunakan,” tambahnya.

Keempat, profil bio akun olshop yang berlebihan. Modus yang terlihat mencolok dalam bio akun olshop bodong adalah memberikan deskripsi atau kata-kata yang mencoba untuk menyakinkan para konsumen. Biasanya mereka akan memakai kata-kata 100% original atau melayani secara amanah, dan lain sebagainya.

Terakhir, menonaktifkan kolom komentar. Ciri akun olshop bodong yang lainnya adalah menonaktifkan kolom komentarnya. Alasannya karena online shop tersebut takut akan adanya komentar buruk yang ditulis oleh korban-korban sebelumnya.

Baca juga :

UGM Masuk 10 Besar Dunia Kampus Paling Top di Instagram Versi Emplifi

Pakar ITB Ingatkan Hati-hati Menggunakan ChatGPT, Ini Resikonya di Bidang Akademik

Ini Kelebihan dan Kekurangan Teknologi ChatGPT untuk Pembelajaran di Perguruan Tinggi

13 Keterampilan Teratas yang Dibutuhkan Tahun 2025, Kamu Punya Apa ?

Info Hari Ini : Apa Perbedaan PNS dan PPPK ?

Apa Itu BPIP ? Apa Tugasnya ?

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini atau melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement