Sabtu 20 May 2023 19:48 WIB

Penyebab Istri tak Menikmati Seks, Bagaimana Mengatasinya?

Ada perempuan yang kesulitan menikmati hubungan seksual karena beberapa alasan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Wanita tidak menikmati hubungan seks (ilustrasi). Ada perempuan yang kesulitan menikmati hubungan seksual karena beberapa alasan.
Foto: www.freepik.com
Wanita tidak menikmati hubungan seks (ilustrasi). Ada perempuan yang kesulitan menikmati hubungan seksual karena beberapa alasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seks adalah bagian penting dalam kehidupan pasangan suami istri. Kedua belah pihak berhak mendapatkan hubungan seksual yang sehat dan memuaskan. Sayangnya, ada perempuan yang kesulitan menikmati hubungan seksual karena beberapa alasan.

Dokter spesialis kesehatan perempuan, Pelin Batur, mencontohkan ada kaum hawa yang menganggap seks menyakitkan. Beberapa yang lain mungkin kesulitan mencapai klimaks atau tidak merasakan nafsu. Apa pun alasannya, tidak perlu malu untuk mengakuinya.

Baca Juga

"Kesehatan seksual sangat penting, dan Anda harus tahu bahwa Anda punya pilihan. Gelombang seks memiliki pedal gas dan pedal rem, dan kecepatannya akan bervariasi sepanjang hidup," kata Batur, dikutip dari laman Cleveland Clinic, Sabtu (20/5/2023). Berikut adalah beberapa masalah umum yang mungkin menjadi penyebab seorang perempuan tidak menikmati seks:

1. Stres