Ahad 21 May 2023 06:47 WIB

Pakar: Dampingi Prabowo Jadi Ajang Show Off Politik Gibran

Pakar sebut mendampingi Prabowo menjadi ajang show off politik untuk Gibran.

Rep: c02/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo. Pakar sebut mendampingi Prabowo menjadi ajang show off politik untuk Gibran.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo. Pakar sebut mendampingi Prabowo menjadi ajang show off politik untuk Gibran.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Pakar Psikologi Politik UNS Abdul Hakim menilai pertemuan antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan relawan Jokowi Se-Jateng Jatim dan Gibran adalah manuver untuk menaikkan daya tawar kedua belah pihak. 

Seperti diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mendampingi Prabowo saat pertemuan relawan di Angkringan Omah Semar, Jumat (19/5/2023) malam. Meski Prabowo mengaku pertemuan tersebut sebenarnya adalah ajang silaturahmi antara dirinya dengan Gibran, ia mengaku kaget lantaran didukung oleh para relawan. 

Baca Juga

"Pertama saya melihat ini jelas bagian dari usaha Pak Prabowo mendapatkan poin dari dukungan terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Abdul ketika dihubungi, Sabtu (20/5/2023).

Sedangkan untuk Gibran sendiri, Abdul berpendapat bahwa pertemuan tersebut adalah ajang unjuk diri soal daya tawar di 2024 mendatang. Sebab, menurutnya Gibran sendiri punya kepentingan di pilkada mendatang.